Sebuah alat berat sedang menyingkirkan material tanah longsor di Pel, Desa Poco Rii, Kecamatan Borong (Foto : RT/Beritaflores)

Borong, Beritaflores.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Timur, provinsi NTT mengerahkan alat berat jenis louder dan eksavator untuk menyingkirkan material longsor yang menutup akses jalan di Pel, Desa Poco Rii, Kecamatan Borong.

“Sejak tadi pagi alat berat sudah mulai dioperasikan untuk membersihkan material longsoran,” kata Kepala BPBD Matim Anton Dergong saat dikonfirmasi melalui WhatsApps Jumat, 17 November 2017.

Ia pun memastikan sore tadi akses salah satu jalan strategis yang juga menjadi nadi perekonomian warga di kawasan kampung Tilir Borong tersebut, sudah bisa dibuka untuk lalu lintas umum.

Menurut Anton, kondisi medan yang menanjak dan menurun ekstrem di beberapa titik longsoran membuat alat berat louder yang dimiliki OPD BPBD cukup sulit bergerak menyingkirkan tumpukan batu dan tanah yang menutup hampir seluruh badan jalan.

“Kendala yang dihadapi hanya licin karena masih ada hujan di lokasi. Tapi alat berat masih bisa beroperasi. Sempat beberapa kali dicoba namun roda alat berat (louder) hanya berputar tanpa bergerak. Petugas tetap berusaha secara maksimal untuk membersihkan tanah longsor yang ada di sekitar lokasi,” tuturnya.

Sejumlah Warga setempat sedang menyaksikan kegiatan petugas BPBD Matim membersihkan tanah longsor di bahu jalan.

Bahkan sebelumnya jalur itu tertutup total material tanah longsor, separuh badan aspal di akses jalur utama dan sebagian titik amblas dan rusak.

Akibatnya, lalu lintas kendaraan besar jenis roda empat maupun roda dua sempat terhambat untuk melintasi karena bencana tanah longsor tersebut.

“Ini ruas jalan yang menghubungkan antar wilayah yakni, Warat-Perang-Pel-Wangkung-Riwu-Wakos-Lamba-Golo Weru-Tilir. Alat berat Louder yang digunakan satu unit dari OPD BPBD Matim. Sore ini sudah bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Terkait perbaikan badan jalan yang rusak tergerus tanah longsor, Anton mengatakan BPBD Matim akan berkoordinasi dengan Dinas PU-PR Matim untuk segera dilakukan perbaikan. Sebagian ruas jalan tersebut juga dipastikan mengalami kerusakan parah.

Salah satu warga setempat yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan kawasan sekitar lokasi rawan terjadi bencana tanah longsor.

“Lokasi itu rawan longsor. Dan Kondisi ini pun membuat akses jalan semakin parah,” ucapnya kepada Beritaflores.com Jumat malam.

Ia berharap, jalan yang menghubungkan antar wilayah di Manggarai Timur itu segera diperbaiki kerusakannya sehingga lalu lintas perekonomian kembali normal.

“Semoga cepat ada langkah penanganan dari dinas PU agar lalu lintas barang, warga dan aktivitas perekonomian kembali normal,” ucapnya, berharap.

Penulis : RT.

Previous articlePaket Anton-Kasmir Sudah Konsolidasi Lima Parpol
Next articleWarga Torok Golo Desak Pemda Matim Segera Perbaiki Jalan Rusak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here