Andreas Hugo Gandeng Kominfo Gelar Pelatihan Pemanfaatan IT di Maumere

0
118
Anggota DPR RI Andreas Hugo Pareira saat menyerahkan sumbangan Laptop kepada pihak SMAN Waigete. (Foto : Dok. Istimewa).

MAUMERE, BERITA FLORES —Andreas Hugo Pareira, Anggota DPR RI Komisi I asal Dapil NTT bersama Kominfo menggelar Pelatihan Pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT).

Kegiatan tersebut digelar saat kunjungan kerja dalam rangka reses DPR RI di Aula Nawacita Universitas Nusa Nipa Maumere, Sabtu, 5 Mei 2018.

Selain kegiatan Pelatihan Pemanfaatan IT, sebelumnya diawali dengan kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Sosialisasi Redesign Universal Service Obligation (USO).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Umum Badan Aksesibiltas dan Telekomunikasi Informatika, Fhadilah Mathar, Anggota DPRD Provinsi NTT Fraksi PDIP Emanuel Kolfidus, Wakil Rektor Universitas Nusa Nipa Bidang Akademik, Jonas Klemens G.D. Gobang. Hadir pula Ketua Yayasan Pendidikan UNIPA Sabinus Nabu.

Andreas mengatakan peserta kegiatan seminar ini dihadiri oleh tokoh pemuda, mahasiswa UNIPA, serta perwakilan biara Scalabrinian. Sejumlah peserta kata dia, merupakan generasi muda yang sangat melek teknologi informasi.

Andreas menyebut Pelatihan Pemanfaatan IT merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Nawacita. Program itu pun bertujuan membangun Indonesia dari daerah pinggiran.

“Termasuk membangun telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah NKRI sehingga tidak tertinggal,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya Literasi Media Sosial. Sebab, lanjut dia, Media Sosial itu sendiri dapat menjadi alat yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara, bukan untuk memecah belah.

Pada kesempatan yang sama, Andreas Hugo Pareira menyerahkan sumbangan Laptop kepada tiga (3) SMA Negeri di Kabupaten Sikka yang meliputi; SMA di wilayah Bola, Waigete serta Magepanda.

“Sumbangan ini merupakan bentuk kerja sama antara Kominfo, iFORTE Jakarta, dan Komisi I DPR RI,” jelasnya.

Seminar Nasional Dalam Rangka Sosialisasi Redesign USO ini selanjutnya akan dibagi kedalam tiga kelas antara lain; Pelatihan tentang peluang bisnis online, Pemahaman digital marketing, Pemanfaatan fitur media sosial, Pelatihan menulis kreatif, dan Optimalisasi media digital sebagai sumber penghasilan.

Pelatihan itu difasilitasi oleh IT Cermat, yakni sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang berdomisili di Jakarta.

Ketua DPP PDIP ini berharap bahwa dengan digelarnya keguatan seperti ini, masyarakat Kabupaten Sikka khususnya kaum muda akan semakin bijak dalam penggunaan internet dan media sosial.

“Harus dapat bermanfaat bagi masa depan mereka dan juga kemajuan bangsa dan negara,” harap Andreas. (NAL/FDS/BEF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here