Saat Pembukaan Flobamora Cup 2018 di Denpasar

0
122
Warga Flobamora NTT berbusana adat sedang memegang Piala bergilir Flobamora Cup. (Foto : Flobamora TV).

DENPASAR, BERITA FLORES — Stadion Gor Ngurah Rai, Denpasar Minggu sore 15 April 2018, menjadi saksi sejarah pembukaan Turnamen Sepak Bola warga Bali keturunan NTT. Sekitar lima ribu supporter warga Flobamora memadati Stadion Gor Ngurah Rai ingin menyaksikan turnamen bergensi tersebut.

Pesta olahraga kebanggaan warga NTT diaspora itu dibuka oleh Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika yang juga Bapa Angkat Flobamora Bali.

Kegiatan pembukaan diawali parade 19 tim pemain yang dikawal satgas unit dan peserta berbusana pakaian adat daerah asal NTT.

Meski berada di bawah sengatan cahaya matahari, namun seribu peserta defile tampil penuh semangat dan antusias di tengah lapangan.

Gubernur Pastika dalam sambutannya, mengingatkan para pemain bahwa turnamen sepak bola Flobamora memiliki makna yang luar bisa. Ia menyebut turnamen seperti ini merupakan kesempatan untuk membangun persaudaraan.

“Bermain bola bukan berkelahi. Siapa pun yang jadi juara maka kalian adalah juara semuanya. Bermainlah dengan sportif dan penuh rasa persaudaraan,” kata Gubernur Pastika yang pernah menjabat Kapolda NTT ini.

Sementara itu Yusdi Diaz saat memberikan sambutan pembukanya mengatakan bahwa turnamen Flobamora Cup kali ini diikuti oleh unit ikatan keluarga yang sudah terdaftar di database online Flobamora Bali.

Menurut Yusdi, saat ini jumlah warga Flobamora yang telah terfaftar ke Flobamora Bali mencapai 13.365 orang.

“Masih banyak yang belum terdata. Ini data valid dan pasti, sehingga kita bisa mengatakan dengan tepat berapa jumlah warga Flobamora Bali saat ini,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksa Turnamen Flobamora Cup XI 2018, Ardy Ganggas melaporkan bahwa dari 23 unit ikatan keluarga yang bernaung di bawah Flobamora, hanya 19 tim yang berlaga.

Usai sambutan Gubernur Bali, Piala bergilir Flobamora Cup lalu diarak masuk arena lapangan dengan seremoni adat Manggarai yang dipimpin langsung Ketua Unit Ikatan Keluarga Manggarai Raya Frans Papur.

IKKMAR Bali FC (Manggarai Raya) merupakan juara bertahan Flobamora Cup VIII tahun 2015 lalu.

Sebelum laga pembukaan Tim group B yang mempertemukan Paperti FC VS Persikamabar FC, Gubernur Pastika yang didampingi Plt Walikota IGN Jaya Negara serta para undangan kehormatan lainnya memasuki lapangan melakukan tendangan pembukaan.

Tendangan pembukaan itu sekaligus menandai bergulirnya Flobamora Cup IX tahun 2018.

Pada laga awal tersebut, Persikamabar FC (Manggarai Barat) berhasil mengoleksi 3 poin sempurna. Padahal Paperti sempat unggul berkat gol Simporianus Jama (11) pada menit ke-54. Namun Persikambar mampu membalikan keadaan berkat dua gol lesakan Novri (7) pada menit ke-67 dan ditutup gol indah Rino (17) pada menit ke-70.

Kedudukan akhir 2-1 untuk kemenangan Persikamabar FC.

Turut hadir sejumlah undangan yaitu Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, Plt Bupati Gianyar I Ketut Rochineng, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Made Muliawan Arya atau akrab disapa Pakde Gadjah, Ketua FKPEN Bali AA Bagus Ngurah Agung, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Bali, Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet, Perwakilan Pemuda Bali Bersatu (PBB). Hadir pula perwakilan Ormas Baladika Bali. (FLO/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here