Johnny Plate: Empat Pilar Bangsa Sebagai Alat Perekat NKRI

0
590
Johnny G. Plate saat menggelar sosialisasi Empat Pilar Bangsa di SMAK Pancasila Borong. (POLCE/BEF).

BORONG, BERITA FLORES–Anggota Komisi XI DPR – RI Johnny G. Plate menggelar sosialisasi Empat Pilar Bangsa yaitu; Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan itu digelar di SMA Katolik Pancasila Borong Jumat, 7 September 2018.

Hadir saat kegiatan antara lain Aparat Polsek Borong, Tokoh masyarakat, serta Tokoh Agama di Manggarai Timur.

Selain itu, Ketua Bapilu partai NasDem Cabang Manggarai Timur, sejumlah kader partai NasDem, dan siswa-siswi SMA Katolik Pancasila Borong turut hadir dalam sosialisasi Empat Pilar Bangsa.

Johnny Plate mengatakan empat pilar kebangsaan merupakan alat perekat persatuan dan kesatuan yang mestinya diketahui semua elemen masyarakat. Empat pilar mampu memwujudkan nilai kebersamaan dari keberagaman Suku, Ras dan Agama (SARA) di Indonesia.

“Empat pilar bangsa merupakan alat perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya saat memberikan sambutan di hadapan siswa SMA Katolik Pancasila Borong.

“Kita semua harus menjaga pilar-pilar ini agar dapat mempertahankan keutuhan NKRI,” ucap Sekjen DPP NasDem itu.

Oleh karena itu lanjut dia, kegiatan sosialisasi tersebut dipandang perlu agar generasi muda serta masyarakat Indonesia memahami pentingnya dasar negara untuk memperkokoh rasa persatuan bangsa.

Mantan Aktivis PMKRI itu menjelaskan bahwa Empat Pilar Bangsa mempunyai peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif. Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika harus dipegang teguh demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Pancasila papar dia, merupakan ideologi dan konsesus nasional untuk mengikat bangsa Indonesia yang demikian besar dan majemuk. Pancasila juga merupakan sumber jati diri, kepribadian, dan moralitas, untuk menjaga persatuan bangsa.

“Perbedaan agama, suku, dan ras bukanlah halangan untuk NKRI yang bersatu. Maka dari itu kesatuan bangsa dan negara harus selalu dijaga di tengah perbedaan, terlebih tidak ada negara lain dengan kebhinekaan seperti Indonesia,” kata Johnny.

Sementara itu, Ketua DPD partai Nasdem Kabupaten Manggarai Timur, Adven Peding mengatakan bahwa, empat pilar kebangsaan merupakan representatif dari negara Indonensia.

Generasi muda kata dia, harus tetap pada koridor Negara Kesatuan Republik Indonenedia.

“Generasi muda harus berkomitmen dalam memahami 4 pilar kebangsaan. Sebab hal ini sangatlah penting karena generasi muda adalah penerus bangsa agar bangsa ini tetap berdiri tegak,” kata Anggota DPRD Manggarai Timur itu. (POLCE/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here