Peringati Hari Literasi Internasional, Bengkel Baca Reok Gelar “Literasi On The Road” di Robek

0
349
Ratusan anak - anak sedang membaca buku yang difasilitasi oleh Penggerak Bengkel Baca Reok. (Foto: Jufri).

RUTENG, BERITA FLORES– Dalam rangka memperingati hari Literasi Internasional, penggerak Bengkel Baca Reok (BBR) menggelar literasi on the road Sabtu, 8 September 2018 di Robek, Desa Robek, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai – NTT.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Beritaflores.com bahwa, para penggerak sangat antusias dalam menyebarkan virus baca kepada generasi muda di Robek.

Penggerak BBR, bertandang ke Robek bertujuan menggelar literasi. Pada pukul 14.00 waktu setempat mereka mulai melakukan perjalanan dari Reok menuju Robek. Tiba di Robek sekitar pukul 14.25.

Jufri, Koordinator Bengkel Baca Reok (BBR) mengatakan kehadiran para penggerak BBR di Robek disambut antusias oleh warga. Ratusan masyarakat setempat baik anak-anak maupun ibu – ibu saling berebutan mengambil buku. Kemudian mereka membuka dan membaca lembaran demi lembaran buku yang difasilitasi oleh penggerak BBR.

“Melihat antusias generasi Robek membaca buku, maka kami optimis dalam beberapa tahun ke depan Kecamatan Reok, Manggarai, jadi daerah dengan minat baca yang layak di perhitungkan di tingkat nasional,” ujar Jufri kepada Beritaflores.com melalui WhatsApp Senin, 10 September 2018.

Dia menyebut, jika minat baca masyarakat mengalami peningkatan, maka Indonesia bisa mengubah peringkat literasi di tingkat internasional.

Menurut data statistik UNESCO, ungkap dia, dari total 61 negara, Indonesia berada di peringkat 60 dengan tingkat literasi rendah. Sedangkan peringkat 59 ditempati oleh Thailand dan peringkat terakhir diisi oleh Botswana.

Sementara negara Finlandia menduduki peringkat pertama dengan tingkat literasi yang tinggi, hampir mencapai 100%.

Data tersebut terang Jufri, menunjukkan bahwa tingginya minat baca di Indonesia masih tertinggal jauh dari Singapura dan Malaysia.

“Mari terus budayakan membaca untuk masa depan gemilang. Generasi milenial cinta literasi,” ucap dia mengajak generasi muda untuk budayakan membaca buku. (JUF/NAL/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here