Andreas Hugo Pareira: Gapoktan tulang tulang punggung kedaulatan pangan

0
68
Andreas Hugo Pareira, anggota DPR RI Komisi I asal Dapil NTT I menyerahkan delapan hand-tractor dan delapan mesin alat pompa hasil kerja sama dengan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan juga Dinas Pertanian Kabupaten Sikka.

MAUMERE, BERITA FLORES – Andreas Hugo Pareira, anggota DPR RI Komisi I asal Dapil NTT I melaksanakan kunjungan kerja spesifik DPR RI ke Desa Nangarasong Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, 25 September 2018.

Kegiatan yang bertempat di salah satu rumah keluarga Kelompok Tani ini juga dihadiri oleh Markus Dua sebagai Kepala Bidang Prasarana dan Sarana (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Kepala Desa Kolisia dan Nangarasong, delapan kelompok Tani se-Kabupaten Mego dan Kabupaten Magepanda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para tokoh pemuda.

Andreas Pareira dalam sambutannya menyebutkan salah satu program Presiden Jokowi yang tertuang dalam nawacita adalah membangun Indonesia dari daerah pinggiran dan pelosok termasuk memperkuat sektor pertanian kita yang selama ini tidak mendapatkan perhatian khusus.

Andreas Pareira menekankan pentingnya peran sektor pertanian dan para petani di tengah masyarakat sebagai penyedia sumber kebutuhan pangan kita sehari-hari.

Pada kesempatan itu, Andreas menyerahkan delapan hand-tractor dan delapan mesin alat pompa hasil kerja sama dengan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan juga Dinas Pertanian Kabupaten Sikka.

Dia menjelaskan bahwa sumbangan alat mesin pertanian (Alsintan) ini tidak lepas dari lobbi-lobbi politik lewat koneksi yang dimiliki di Pusat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Dia menekankan bahwa koneksi baik di pusat maupun daerah merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh para Anggota maupun Calon Anggota Dewan.

Andreas Pareira berharap bahwa dengan sumbangan Alsintan ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani dengan naiknya pendapatan mereka yang selaras dengan naiknya hasil produksi.

Andreas Pareira juga menekankan bahwa Alsintan ini merupakan hasil dari uang pajak, sehingga uang pajak yang dibayarkan masyarakat harus kembali ke masyarakat lagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Menurutnya ini merupakan salah satu tugas utama Anggota DPR Pusat agar uang pajak benar-benar bermanfaat dan kembali ke masyarakat.

Markus Dua selaku Kepala Bidang PSP Dinas Pertanian Kabupaten Sikka dalam sambutannya mengapresiasi bantuan Andreas Hugo Pareira selaku Anggota DPR Pusat dalam hal lobi-lobi politik sehingga penyerahan Alsintan ini dapat terlaksana. Menurut Markus Dua, koneksi AHP baik ke pusat maupun daerah sangat memudahkan koordinasi Dinas Pertanian Kabupaten untuk penyediaan Alsintan ini. (RONALD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here