Pemkab Manggarai Timur Gelar Bursa Inovasi Desa di Borong, Ini Tujuannya

0
151
Para Kades dan Camat saat Kegiatan BID di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: POL/BEF).

BORONG, BERITA FLORES — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Flores-NTT menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Aula Setda Matim, Selasa, 23 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh para Kepala Desa dan para Camat. Sebanyak 159 Desa dari 9 Kecamatan di Kabupaten itu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Martinus Duvan mengatakan, keberadaan BID diharapkan bisa menjadi solusi bagi Pemerintah Desa di Kabupaten Manggarai Timur, dalam memecahkan berbagai masalah Desa. Selain itu, kata dia, dengan hadirnya BID juga dapat menyusun rencana pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat Desa.

Dia menjelaskan, melalui BID diharapkan akan melahirkan inisiatif dan alternatif bagi pemerintah Desa dalam rencana pembangunan Desa yang maju dan mandiri.

“Tujuan BID untuk bisa menggali berbagai cara baru yang diterapkan di Desa lain maupun yang ada di Kabupaten Matim. Kegiatan ini bertujuan menjual kreasi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh Desa, di mana bisa dicontoh ke dalam wilayah kita sesuai potensi masing masing yang dimiliki Desa,” ujar Martin pada kesempatan tersebut.

Martin menambahkan, dalam kegiatan ini, tentunya inovasi untuk merangsang mendorong pembangunan  berdasarkan pada potensi yang dimiliki oleh Desa itu sendiri.

“Untuk itu, Kepala Desa bisa benar – benar memilah apa yang bakal dilakukan untuk memajukan serta membangun Desa agar lebih baik dan mampu menerapkankan potensi apa yang bisa dikembangkan untuk berkreasi dan berinovasi dan dijadikan sumber kegiatan baru yang bernilai ekonomi produktif,” cetus dia. (EFREN POLCE/NAL/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here