Tahun 2019, Deker Ambruk di Tumbak, Lamba Leda Bakal Diperbaiki

0
165
Anggota DPRD Provinsi NTT, Inosensius Fredy Mui. (Foto: Floresa.co).

BORONG, BERITA FLORES — Sebuah deker besar terletak di Pekuburan Tumbak, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur – NTT, ambruk akibat banjir awal tahun 2017 silam. Deker ambruk tersebut rencananya bakal diperbaiki tahun 2019 mendatang.

Hal itu dijelaskan Anggota DPRD Provinsi NTT, Inosensius Fredy Mui kepada Beritaflores.com Minggu, 11 November 2018.

“Deker itu akan diperbaiki tahun depan (2019) mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Matim Sudah Laporkan Kondisi Deker Rusak di Tumbak, Lamba Leda ke Provinsi

Ia menjelaskan, anggaran perbaikan deker tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi NTT. Di mana, deker tersebut terdapat di ruas jalan yang menghubungkan kota Reok – Dampek – Pota.

Baca Juga: Ini Kata Fredy Mui Terkait Kondisi Deker Ambruk di Jalan Reok-Dampek

Sementara itu, ruas jalan ini masih non status. Sebab, masih dalam proses peralihan menjadi jalan strategis nasional. Oleh karena itu, kata dia, perbaikan kerusakan deker tersebut, masih bisa diintervensi menggunakan APBD I Provinsi NTT.

“Karena ruas jalan itu masuk dalam perda rencana tata ruang wilayah NTT,” lanjutnya.

Deker besar di Tumbak mengalami kerusakan parah akibat banjir awal tahun 2017 silam. (Foto: Beritaflores.com).

Politisi NasDem itu mengungkapkan, bahwa intervensi anggaran dilakukan berdasarkan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor – Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi NTT Nomor 1 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2010 – 2030.

“Perda RTRW terbaru nanti sudah bisa dialokasi anggaran untuk perbaikan deker besar di Tumbak itu. Tapi sekarang belum ada nomornya karena masih rancangan” tutup dia. (POLCE/NAL/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here