Ditemukan 2 Planet Baru Lebih Besar dari Bumi, Mengambang Tanpa Tujuan

0
73
Planet Baru. (Foto: Nasa/Viva).

BERITA FLORES —Tim astronom dari Polandia menemukan dua planet baru di galaksi Bima Sakti. Namun ada perbedaan signifikan dari keduanya.

Dilansir lamanĀ Science Alert, Minggu, 11 November 2018, kedua planet itu dikabarkan tidak mengorbit pada bintang. Mereka malah mengambang tanpa tujuan.

Planet seperti itu dikabarkan sulit untuk dikenali. Ketimbang dengan planet yang memiliki orbit, seperti bumi. Para astronom Universitas Warsawa menggunakan teknik gravitational microlensing untuk mengamati keduanya.

Teknik ini untuk menemukan titik di mana cahaya bintang yang jauh melengkung dan terdistorsi oleh gravitasi menarik planet yang melayang di jalur cahaya itu.

Para peneliti belum yakin seberapa besar kedua planet itu. Karena bukti yang ada masih bersifat tidak langsung.

Diperkirakan salah satu planet bisa berukuran dua hingga 20 kali massa Jupiter dan lainnya 2,3 sampai 23 kali dari besar Bumi.

Para peneliti tidak ingin mengesampingkan adanya kemungkinan keduanya bisa dihuni oleh makhluk hidup. Namun tanpa ada cahaya dan panas dari pusat orbitnya, nampaknya keinginan tersebut menjadi tidak mungkin.

Mereka juga menyatakan mungkin bukan hanya dua planet ini yang berjalan tanpa mengorbit. Namun masih banyak benda lainnya di galaksi. (VIVA/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here