TNS Gelar Monev di Puskesmas Reok

0
224
Tim Nusantara Sehat (TNS) saat menggelar Monev di Puskesmas Reok. (Foto: EFREN POLCE).

RUTENG, BERITA FLORES – Tim Nusantara Sehat (TNS) bersama pihak Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev). Kegiatan tersebut digelar di Puskesmas Reok, Kelurahan Wangkung, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai – NTT pada Kamis, 29 November 2018.

Ketua Tim Nusantara Sehat, Estersurbakti mengatakan, program Nusantara Sehat (NS) bertujuan untuk mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat.

“Karena NS merupakan suatu program dari Kemenkes RI,” ujarnya kepada Beritaflores.com usai kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan, program ini diprioritaskan bagi mereka yang berada di wilayah terpencil di berbagai pelosok tanah air.

Ada pun pencapaian Tim Nusantara Sehat diantaranya; program inovasi, pembuatan jamban sehat sederhana, pembuatan spal desa, serta kebun gizi.

“Tim Nusantara sehat juga sukses melaksanakan Nusantara Sehat di berbagai plosok desa yang ada di kecamatan Reok,” ucap dia.

Tak hanya itu, pencapaian lain diantaranya; mengelola bahan pangan lokal, pembuatan alat cuci tangan sederhana di sekolah, laskar jentik pemberian maknan tambahan, penyuluhan TBC kelas balita, penyuluhan kanker serviks, kanker payudara, juga penyuluhan penggunaan obat.

Terpisah, Kepala Puskesmas Reok, Fabiola Lelly Djemat mengatakan, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi diharapkan bisa bersinergi dalam proses pelaksanaan program nusantara sehat.

Ia berharap kepada para pengambil kebijakan untuk memperhatikan secara serius nasib tenaga medias sukarela. Di mana upah tenaga medis selama ini sangat memprihatinkan.

“Mereka sangat merindukan kepada pemerintah untuk menaikan nilai upah bagi tenaga medis yang berkerja sukarela,” cetus dia. (EFREN POLCE/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here