Buka Seminar, Wabub Madur Minta Umat Untuk Hidup Berdamai

0
86
Wakil Bupati Manggarai, Viktor Madur berpose dengan para tokoh Agama usai kegiatan seminar. (Foto: Hum).

RUTENG, BERITA FLORES — Wakil Bupati Kabupaten Manggarai, Victor Madur membuka secara resmi Seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Effata Ruteng, Rabu, 5 Desember 2018.

“Kerukunan hanya akan terwujud, jika semua pihak menjunjung tinggi kekeluargaan, hidup damai dalam kebersamaan, serta menghargai perbedaan,” kata Madur saat kegiatan Seminar bertema “Gerakan Selebrasi Kerukunan” itu.

Wabub Madur menyebut, gerakan selebrasi kerukunan penting ditingkatkan, mengingat dalam perhelatan politik tak jarang memicu konflik horizontal.

Oleh karena itu, kata dia, Forum Kerukunan Umat Beragama dapat merumuskan langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya konflik horizontal.

“Forum ini (FKUB – red) diminta untuk mulai merancang langkah-langkah strategis, agar hubungan antarumat beragama di bumi Congka Sae ini tidak mudah disusupi oleh isu-isu partisan,” kata Wabub Madur berharap.

Dia pun mengapresiasi kegiatan kaum muda lintas Agama yang digelar di Reo, Kecamatan Reok. Juga kegiatan serupa di Ruteng pekan lalu.

“Kita juga harus memandang keberagaman sebagai modal terbaik untuk saling melengkapi sebagai makhluk sosial,” ucap dia.

Seminar ini lanjut dia, difokuskan untuk membahas tentang pentingnya peran tokoh Agama dalam membangun kerukunan antarumat. Dalam sub-tema seminar: “Peran Tokoh Agama dan Masyarakat dalam Membangun Gerakan Selebrasi Kerukunan” .

Kegiatan seminar dimulai pukul 17.00 waktu setempat diselenggarakan oleh FKUB dari tiga kabupaten.

Hadir dalam kegiatan seminar ini: Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr. Silvester San dan para tokoh lintas Agama dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat serta Manggarai Timur. (NAL/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here