Jalur Ruteng – Reo Terancam Lumpuh Akibat Tanah Longsor

0
458
Salah satu titik ruas jalan Ruteng-Reo tertimbun tanah longsor. (Foto: EFREN POLCE/BEF).

RUTENG, BERITA FLORES — Bencana tanah longsor terjadi di ruas jalan menghubungkan kota Ruteng menuju kota Reo, Kecamatan Reok. Longsor terjadi di Golo Muwur, Desa Riung, Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai Kamis, 10 Januari 2019. Akibatnya, jalur strategis nasional itu terancam lumpuh total karena tak dapat dilalui kendaraan.

Seorang pengguna jalan asal Reok Wilibrodus Tonce mengungkapkan keluhannya terhadap kodisi bencana longsor itu.

“Lihat sendiri pak, sekarang tidak bisa lewat. Sudah tiga jam kami tunggu di sini,” ujarnya saat ditemui di lokasi Kamis, 10 Januari 2019.

Ia berharap, kepada pemda Manggarai untuk segera mengambil langkah cepat. Apalagi kata dia, proyek hotmix di ruas jalan itu, baru berusia 3 minggu setelah dikerjakan. 

“Kalau memang proyek ini masih dalam pemeliharaan suruh kontraktornya perbaik kembali,” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan warga asal Golo Muwur, Desa Riung, Kecamatan Cibal berinisial TP. Dia mengatakan, kejadian longsor itu sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Dia pun berharap kepada dinas terkait, agar segera mengecek serta mengambil langkah cepat terhadap kondisi jalan itu.

Berdasarkan pantauan Beritaflores.com bahwa, kondisi di lokasi itu cukup parah, di mana tanah serta batu menumpuk di badan jalan. Akibat dari kondisi itu, ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat mengalami antrian panjang.

Selain itu, beberapa pohon besar juga tumbang menghalangi ruas jalan Ruteng-Reo, sehingga tak bisa dilalui kendaraan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 

Informasi yang duperoleh Beritaflores.com bahawa, alat berat milik PT Floresco sedang dikerahkan ke lokasi bencana. (EFREN POLCE/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here