Bersekolah Tak Harus Jadi ASN

0
464

BORONG, BERITA FLORES — Anggota DPR RI Komisi XI, Johnny G. Plate menyebutkan, bahwa bersekolah tak harus menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Bersekolah tak harus menjadi pegawai negeri saja, tapi harus bisa berwirausaha,” ujarnya saat menggelar Reses di Aula Paroki Benteng Jawa, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur Minggu, 20 Januari 2018.

Anggota DPR RI Fraksi NasDem itu pun, mengajak generasi milenial untuk terjun ke dunia usaha. Dia menjelaskan, dengan berwirausaha masyarakat dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Baca Juga: Johnny Plate Ajak Generasi Milenial Manggarai Bangun Desa

Menurutnya, pandangan umum masyarakat NTT khususnya Manggarai bahwa bersekolah hanya untuk mengejar status Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat keliru. Padahal, kata Johnny, begitu banyak peluang usaha di daerah dapat dikembangkan. Misalnya; dalam bidang pertanian seperti hortikultura, usaha peternakan serta peluang usaha lain.

“Karena banyak potensi yang harus ditingkatkan melalui usaha lokal,” cetus Sekjen DPP Partai NasDem itu.

Baca Juga: Johnny Plate BumDes Bisa Jadi Kunci Penggerak Ekonomi Desa

Johnny mengungkapkan, Presiden Joko Widodo telah menggagas Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui Bank Rakyat Indonedia (BRI).

Berdasarkan data yang ia peroleh, BRI telah mengucurkan dana senilai Rp.112 triliun untuk memberikan fasilitas kredit kepada masyarakat Indonesia.

“Salah satu program pemerintah Jokowi adalah BRI KUR. Bangun usaha lokal dengan mengembangkan potensi desa,” kata Johnny di hadapan masyarakat Lamba Leda.

Baca Juga: Johnny Plate Sarankan Pemda Prioritaskan Pendidikan Vokasi

Politikus NasDem itu menjelaskan, bahwa dana fasilitas KUR ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Republik Indonesia (RI) yang disalurkan melalui Bank BRI.

Fasilitas kredit ini kata dia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan bunga sangat rendah. Oleh karena itu, jelas Johnny, genersai milenial juga harus memanfaatkan program tersebut.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf itu berharap, agar generasi milenial tidak berorientasi mengejar status PNS. Sebab, peluang tersebut sangat minim.

“Kami mengharapkan program KUR ini, bisa meningkatkan ekonomi khususnya masyarakat Desa. Generasi milenial juga jangan hanya berorientasi jadi pegawai. Sebaikanya bangun usaha lokal,” saran dia. (EFREN POLCE/NAL/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here