Bawaslu Gelar Apel Siaga Jelang Pemilu 17 April Mendatang

0
325
Peserta kegiatan saat menggelar apel siaga di halaman Kantor DPRD Manggarai. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES–Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar apel siaga.

Apel siaga dengan melaksanakan upacara bendera tersebut bertujuan untuk kesiapan berkaitan dengan pengawasan Pemilu tahun 2019. Kegiatan ini berlansung di halaman Kantor DPRD Manggarai pada Sabtu, 13 April 2019.

Pada kegiatan apel siaga tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), serta stakeholder terkait. Hadir juga jajaran organisasi mahasiswa tergabung dalam pengawasan partisipatif. Sejumlah lembaga atau organisasi mahasiswa tersebut telah bekerja sama melalui nota kesepahaman bersama (momorandum of understanding) atau MoU dengan Bawaslu Kabupaten Mangarai.

Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Manggarai, Herybertus Harun mengatakan, bahwa tahapan kampanye segera berakhir pada hari ini tanggal 13 April 2019.

Hingga hari ini Sabtu, 13 April para peserta pemilu telah mengakhiri masa kampanye. Sehingga mulai besok Minggu, 14 April sudah memasuki tahapan masa tenang hingga 16 April 2019 mendatang.

Berkaitan dengan hal itu, Bawaslu Kabupaten Manggarai menggelar apel siaga dengan seluruh jajaran pengawas baik di tingkat Kabupaten, maupun pengawas tingkat Kecamatan dan pengawas Desa atau Kelurahan.

Tak hanya itu, dalam apel siaga kesiapan pemilu tersebut, pihak Bawaslu Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT melibatkan pimpinan partai politik tingkat Kabupaten Manggarai, seperti unsur Forkompimda, Pramuka Kwarcab Manggarai, stakeholder, serta sahabat Bawaslu Manggarai.

“Apel siaga hari ini merupakan langkah persiapan Bawaslu Kabupaten Manggarai dan seluruh jajaran sampai ke Desa-Desa juga stakeholder pengawas pemilu,” ujar Hery Harun pada kesempatan itu.

Ia menambahkan, apel siaga dengan upacara ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan jajaran pengawas Kecamatan juga pengawas Desa atau Kelurahan, baik personel Kesekretariatan maupun pengawas lapangan.

“Bawaslu juga memeriksa kesiapan fasilitas pendukung dalam rangka menyukseskan pengawasan pemilu tahun 2019 ini,” tutup dia.

Penulis: Ronald Tarsan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here