BLUD SPAM Matim Tak Serius Urus Air Minum

0
474
Genangan air di badan jalan bagian selatan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: Efren Polce/BEF).

BORONG, BERITA FLORES–Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Kabupaten Manggarai Timur, Flores-NTT tak serius dalam mengurusi air minum di daerah itu.

Berdasarkan pantauan Beritaflores.com pada Senin, 13 Mei 2019 bahwa, jaringan perpipaan sebagai saluran air minum bersih di daerah itu mengalami kerusakan di sejumlah titik. Bahkan, saluran perpipaan yang terletak bagian selatan kantor bupati Manggarai Timur itu tak terurus dan dibiarkan rusak selama empat bulan lamanya.

Akibatnya, air bocor serta menggenangi badan jalan menghubungkan Jengok menuju Ledos, Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong. Anehnya, tak ada petugas dari BLUD SPAM Manggarai Timur untuk melakukan perbaikan saluran pipa tersebut.

Tampak terlihat air mengalir di badan jalan menyebabkan lolaksi itu menjadi berlumpur bahkan jalan menjadi berlubang. Air yang bocor tersebut pun mengalir hingga menghampiri halaman kantor Bupati Matim. Di halaman kantor bupati tampak seperti kolam renang.

“Seperti ada pembiaran dari BLUD SPAM Matim,” ujar seorang warga berinisial EN kepada Beritaflores.com Senin, 13 Mei 2019.

Ia mengaku kesal dengan kinerja BLUD SPAM Kabupaten Manggarai Timur. Sebab tidak memperhatikan secara serius kerusakan sejumlah saluran perpipaan air minum dalam kota Borong.

Ia menilai adanya keteledoran dari pihak terkait sehingga tidak melakukan perbaikan. Padahal, kata dia, jalur tersebut sering dilalui oleh pegawai bahkan pejabat di daerah itu.

“Sudah lama bocornya pak. Bahkan awal bulan Ferbruari lalu dan sampai sekarang belum juga diperbaiki,” tandasnya.

Ia pun prihatin dengan kondisi tersebut, karena air dari saluran pipa bocor sehingga menyebabkan jalan menjadi licin. Ia menyarankan kepada pengguna jalan agar berekstra hati-hati jika melintasi jalur itu.

Menurut dia, kerusakan itu dapat merugikan semua pihak baik pengguna jalan maupun konsumen BLUD-SPAM sendiri.

“Ini air buang percuma sementara warga Borong sering mengalami kesulitan air minum bersih. Ini bikin rugi. Kita cari air setengah mati ternyata disini airnya terbuang,” kesalnya.

Debit air semakin bertambah bahkan jadi seperti kolam renang akibat kebocoran saluran perpipaan air minum bersih di Lehong.

Terpisah, Kepala Bagian Teknik BLUD SPAM, Kabupaten Manggarai Timur, Beopaulus Yos mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim ke lokasi untuk melakukan perbaikan saluran pipa.

Ia beralasan, selama ini pihaknya mengalami kekurangan alat untuk melakukan perbaikan saluran perpipaan yang mengalami kerusakan.

“Oh, itu betul. Itu memang khusus ke kantor Bupati. Pipa bocor itu adalah watermurnya, karena tekanan beban mobil yang lewat jalur itu makanya bocor. Tapi sebentar kita perbaik,” ujarnya.

“Kalau di Lehong itu, kami akan perbaik secepatnya,” kata Yos.

Penulis : Efren Polce

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here