Deno Yakini Kinerja BPN Manggarai Efektif Usai Dapat Hibah 4 Motor

0
138
Bupati Manggarai, Deno Kamelus saat menyerahkan 4 unit kendaraan roda dua kepada pihak Kepala Badan Pertanakan Nasional Kabupaten Manggarai, Viktor Tuati. (Foto. Dok. Humas).

RUTENG, BERITA FLORES–Pemerintah Kabupaten Manggarai, Flores-NTT menghibahkan sebanyak 4 unit kendaraan roda dua atau sepeda motor kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai.

Seremoni penyerahan dilakukan oleh Bupati Deno Kamelus kepada Kepala BPN Manggarai, Viktor Tuati di depan Setda Manggarai Senin, 13 Mei 2019.

Bupati Manggarai, Deno Kamelus meyakini bahwa, setelah penyerahan empat unit motor itu, BPN Manggarai dapat meningkatkan kinerja mereka dalam memwujudkan pelayanan publik yang prima terhadap masyarakat, terutama dalam urusan pelayanan sertifikat tanah di Kabupaten Manggarai.

Ia menjelaskan, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Manggarai bekerja dalam kaitannya dengan pelayanan publik. Oleh karena itu, kata dia, harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai mendukung kegiatan mereka.

“Kantor pertanahan ini mengurus kerja pelayanan publik. Mereka yang mengurus sertifikat tanah. Ini bagian dari lembaga yang kesehariannya melayani publik. Karena itu, demi peningkatan kerja maka sarana dan prasarana harus memadai. Kalau sarana baik maka pelayanan akan baik juga,” cetus Deno.

Ia menuturkan, dengan sertifikasi tanah tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Kalau sertifikat tanah sudah ada maka bisa bawa ke bank untuk pinjam uang (modal usaha). Sehingga sertifikat ini mempunyai manfaat ekonomi bagi masyarakat,” paparnya.

Bupati Deno menambahkan, dengan mengantongi sertifikat tanah masing-masing, ketergantungan para petani hortikultura yang tergabung dalam kelompok Simantri kepada pemerintah dapat teratasi.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Manggarai, Viktor Tuati menjelaskan, tugas Kantor BPN Manggarai sangat berat karena melakukan estimasi sejumlah bidang tanah di 12 Kecamatan dan 145 Desa. Tugas lainnya, kata dia, adalah mengurus tata ruang.

Selain itu, juga mengurus tanah untuk pelaksanaan Sistem Manajemen Pertanian terintegrasi khusus pada tanaman hortikultura. Terkait hibah 4 unit kendaraan roda dua ini, Viktor Tuati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Manggarai.

“Terima kasih banyak kepada Bupati, di mana ada 4 unit motor untuk bantuan pelaksanaan tugas kami. Kami merasa bangga dengan bantuan Pemkab untuk tugas kami, meski tenaga kami sangat kurang. Kami juga bertekad untuk membangun sistem pelayanan yang baik. Salah satunya semua transaksi semua dilakukan lewat bank,” urai Viktor.

Kepala Bank NTT Cabang Manggarai, Vinsensius Suluh menyampaikan dukungannya atas program pemerintah, terkait dengan pemberian pinjaman bank dengan jaminan sertifikat tanah.

”Ada program pemerintah yang kita ambil bagian. Di mana pemerintah telah mengambil jalan untuk menghubungkan masyarakat dengan bank. Kita harapkan dengan pemberian pinjaman kepada para petani, diharapkan agar petani-petani kita bisa mandiri,” jelas Vinsen. (NAL/FDS/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here