KESA Beri Pelatihan Jurnalistik Untuk Siswa SMKN 1 Wae Ri’i

0
124
Anggota KESA foto bersama para siswa serta guru SMK Negeri 1 Wae Ri'i usai kegiatan pelatihan jurnalistik. (Foto: Dok. KESA).

RUTENG, BERITA FLORES–Kelompok Studi Tentang Desa (KESA) memberikan materi pelatihan jurnalistik kepada para siswa SMKN 1 Wae Ri’i, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan tersebut digelar pada Sabtu, 10 Agustus 2019 dalam rangka melanjutkan rangkaian Tour Akademik KESA Jilid V.

Kepala Urusan Akademik KESA, Herry Kabut mengatakan, pelatihan jurnalistik itu merupakan kegiatan kedua usai KESA menggelar pelatihan jurnalistik di SMAN 8 Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores-Provinsi NTT.

Ia menjelaskan bahwa, pelatihan jurnalistik ini merupakan program rutin KESA. Juga merupakan rangkaian kegiatan Tour Akademik Jilid V KESA. Tema yang diusung dalam kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut adalah “Memperkuat Literasi di Sekolah”.

Herry menjelaskan, ia menjadi salah satu pemateri dengan memaparkan tentang “Cara Menulis Opini” sementara materi tentang “Teknik Menulis Berita” dipaparkan oleh Libertus Renaldi.

Pelatihan jurnalistik ini, kata dia, berjalan sangat menarik karena ada beberapa pertanyaan dan informasi disampaikan para siswa maupun guru kepada pemateri. Kegiatan itu menjadi semakin menarik karena para siswa dibagi dalam 5 kelompok dan setiap kelompok wajib membuat berita dan opini. Opini dan berita tersebut kemudian dipresentasikan kepada seluruh peserta pelatihan.

“Untuk menjadi penulis handal, kemauan saja tidak cukup, akan tetapi kemauan itu mesti ditunjang oleh niat untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Sebab dengan membaca banyak buku, kita akan mendapat pengetahuan yang banyak pula,” terang Herry saat pemaparan meteri Jurnalistik.

Anggota BPD KESA, Alberto Padji menjelaskan, pelatihan jurnalistik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan literasi generasi muda di Kabupaten Manggarai. Ia menambahkan, untuk menumbuh-kembangkan literasi di Manggarai, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah memberi pelatihan jurnalistik di sekolah-sekolah.

Sementara itu, Wakil Ketua OSIS SMKN 1 Wae Ri’i, Flaviana K. Obon mengucapakan terima kasih kepada KESA karena sudah berbagi pengetahuan terutama tentang cara menulis opini dan teknik menulis berita kepada para siswa SMKN 1 Wae Ri’i”.

Pada kesempatan tersebut, Wakasek Humas SMKN 1 Wae Ri’i, Fransisikus Jehoda mengatakan, SMKN 1 Wae Ri’i sangat bersyukur karena telah menerima pengetahuan baru tentang pengembangan literasi di sekolah.

“Atas nama Kepala Sekolah SMAN 1 Wae Ri’i kami mengucapkan terima kasih atas kerelaan adik-adik KESA untuk memberikan materi kepada para siswa kami. Kami tahu bahwa kegiatan ini sudah lama direncanakan oleh adik-adik KESA,” kata Jehoda singkat. (HER/FDS/BERITAFLORES)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here