Pemkab Matim Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Ditargetkan 9,91%

0
212
Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas (Foto: Yohanes Marto/BF)

BORONG, BERITA FLORES – Pemerintah kabupaten Manggarai Timur, NTT terus menggejot pertumbuhan ekonomi. Dalam lima tahun ke depan, Bupati Andreas Agas menargatkan pertumbuhan mencapai 9,91%.

Pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi kabupaten manggarai Timur sebesar 5,20% dan tahun 2015 sebesar 5,17%.

Andreas Agas, pada kesempatan pelantikan dua pejabat eselon II tingkat kabupaten Manggarai Timur mengatakan akan menggenjot pertumbuhan ekonomi dalam lima tahun ke depan.

Baca: Bupati Matim Lantik Dua Pejabat Baru, Kepala Satpol PP Jadi Kadis Perdagangan

“Selama lima tahun ke depan target pertumbuhan ekonomi kabupaten Manggarai Timur sebesar 9,91% dan laju inflasi berkisar antara 2%,” ujarnya.

Karena itu, Agas meminta para kepala dinas, termasuk yang baru dilantik untuk bekerja keras mencapai target pertumbuhan tersebut.

Untuk mencapai target pertumbuhan yang tinggi seperti itu, ia meminta agar ekspor ditingkatkan. Salah satu komoditas andalan untuk memacu ekspor adalah kopi. “Untuk itu kita harus jaga dan merawat kopi kita agar bisa diekspor dengan baik kedepanya” tutur Agas.

Selain ekspor kopi, sektor perternakan juga bisa mendongrak pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, menurut Agas, populasi ternak harus ditingkatkan.

Sektor Koperasi dan UKM juga merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat. Karena itu, kepada kepala dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM yang baru ia meminta meningkatkan ekonomi koperasi di masyarakat. Indikatornya, menurut Agas bukan oleh berapa banyak jumlah koperasi tetapi seberapa banya anggota atau masyarakat Manggarai Timur yang ikut bergabung dalam koperasi.

“Saya minta kepada kepala Dinas Perdangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah harus betul-betul menjalani tugas ini dengan baik. Harus betul-betul memegang amanah karena dinas koperasi bergerak di bidang ekonomi tujuannya adalah mau meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat” Tutur Andreas Agas.

Yohanes Marto/BF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here