KESA Gelar Perekrutan Anggota Baru di Kampus STPMD “APMD”

0
265
Anggota KESA saat berpose usai kegiatan. (Foto: Herry Kabut).

RUTENG, BERITA FLORES-Dalam rangka melakukan regenerasi anggota, Kelompok Studi Tentang Desa (KESA) menggelar perekrutan anggota baru periode 2019/2020.

Perekrutan anggota baru ini dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta. Perekrutan anggota baru dimulai pada Senin, 16 September 2019 hingga berakhir pada Jumat, 27 September 2019 mendatang.

Sasaran dari perekrutan anggota baru ini adalah mahasiswa maupun mahasiswi yang sedang berkuliah di Yogyakarta khususnya mahasiswa baru angkatan tahun 2019.

Pada saat pendaftaran, Panitia Perekrutan anggota baru KESA menyodorkan brosur yang berisi informasi singkat terkait sejarah terbentuknya KESA dan dinamika yang terjadi di KESA. Dinamika-dinamika seperti diskusi mingguan yakni (Senin dan Kamis), latihan dasar kepemimpinan (LDK), malam keakraban (MAKRAB), Tour Akademik dan kegiatan-kegiatan lain diperkenalkan dan dijelaskan kepada calon anggota supaya mereka dapat memahami seluruh proses yang terjadi di KESA.

Adapun syarat pendaftaran anggota baru KESA yaitu: mengisi formulir pendaftaran, membawa serta foto berukuran 3×4, berdomisili di Yogyakarta, dan sehat jasmani dan rohani.

Sejauh ini terdapat 7 orang (3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan) yang sudah mendaftarkan diri untuk bergabung dengan KESA.

Ketua Panitia Perekrutan Anggota Baru KESA, Nando Umpung mengatakan, “KESA adalah salah satu kelompok studi yang memfokuskan diri pada kajian tentang desa. Dengan adanya anggota baru yang bergabung dengan KESA, mereka akan belajar secara mendalam tentang desa. Anggota baru KESA juga dapat belajar dari para senior KESA sehingga ilmu yang didapat dari kelas maupun dari organisasi dapat diketahui lebih dan dapat dikembangkan di dunia kerjanya nanti”.

Ia menambahkan, apabila bergabung dengan KESA, banyak hal yang akan didapatkan oleh anggota baru di mana mereka akan belajar berorganisasi khususnya terkait managemen organisasi. Tentu saja, hal itu adalah suatu modal sehingga ketika mereka sudah menyelesaikan studinya dan ingin melamar pekerjaan mereka sudah punya modal untuk bersaing dengan orang luar.

Sementara itu, Kepala Desa KESA, Esti Yulia Rahmi, mengatakan, perekrutan anggota baru KESA ini bertujuan agar KESA memiliki regenerasi. Selain itu, perekrutan anggota baru ini bertujuan agar para mahasiswa baru yang sedang berkuliah di Yogyakarta angkatan 2019/2020 dapat mengembangkan diri pada bidang akademik misalnya bakat tulis-menulis atau kegiatan diskusi.

“Jadi, regenerasi di KESA sangat diperlukan untuk melahirkan generasi yang kritis,” cetus Yuliana singkat.

Kontributor: Herry Kabut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here