Pengambilan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai, Rabu (2/10). Foto: Efren Polce/BF

RUTENG, BERITA FLORES – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai dari Partai Amanat Nasional (PAN), Matias Masir resmi menduduki jabatan sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai periode 2019-2024.

Acara pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai tersebut dilaksanakan dalam rapat paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Manggarai, Selasa (1/10/2019).

Pengambilan sumpah atau janji ketua DPRD terpilih, dipimpin ketua Pengadilan Negeri Ruteng Sarlota Marselina Suek, S.H.

Matias Masir akan menggantikan ketua lama yang dijabat Kornelis Madur,SP dari partai Gerindra.

Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur bernomor PEM.172.1./II/366/IX/2019 tanggal 23 september 2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai masa jabatan 2019-2024 dan surat Bupati Manggarai nomor 130/164/IX/2019 tanggal 19 september 2019 perihal usulan peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai periode 2019-2024, dibacakan Sekretaris Dewan Hendrik Amal.

Selain pengambilan sumpah atau janji ketua DPRD, ketua pengadilan juga mengambil sumpah atau janji dua orang wakil ketua DPRD, yakni Soe Flavianus dari Nasdem dan Simprosa R Gandut, dari Golkar, didampingi saksi Rohaniwan Romo Beni Bensi,pr.

Matias Masir mengatakan, dengan dilantiknya pimpinan DPRD defenitif, maka DPRD dapat berkoordinasi dengan baik dan berjalan secara optimal sesuai kedudukan dan fungsinya.

Sesuai undang-undang nomor 17 tahun 2014, DPRD kabupaten atau kota mempunyai 3 fungsi bersama kepala daerah menentukan kebijakan-kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah.

Penegasan ini kata Matias, sekaligus menjadikan lembaga dewan yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat dengan pemerintah daerah atau exekutif.

Bupati Manggarai Deno Kamelus mengatakan dalam melaksanakan fungsi DPRD, peran pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai sangat penting dan strategis untuk memastikan bahwa pelaksanaan fungsi berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan menghasilkan keluaran atau out put yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama seluruh masyarakat Manggarai dan Pemerintah Daerah menyampaikan profisiat kepada ketua dan wakil-wakil ketua DPRD,”ujar Bupati Kamelus.

“Harapan saya mewakili Pemerintah, pribadi dan seluruh masyarakat Manggarai kepada pimpinan DPRD terpilih untuk menjadi penyalur berkat bagi masyarakat,”tambah Deno yang juga politisi PAN.

Ia juga mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan positif bagi pimpinan DPRD Manggarai terpilih, sehingga dapat melaksanakan tugas serta dapat memanfaatkan relasi formal dan non formal dalam memberikan masukan.

Efren Polce/BF

Previous articlePolsek Borong Bekuk Pelaku Judi, 2 ASN dan 3 THL
Next articleMaju Pilkada Manggarai, Adrianus Suardi Usung Visi-Misi “Manggarai AKUR”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here