Paket Aman saat menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC PKB Manggarai. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES-Pasangan Bakal Calon Bupati Manggarai Ir. Agustinus Ganggut, MT bersama Bakal Calon Wakil Bupati Manggarai Dr. Mantovanny Tapung, S.Fil.,M.Pd atau Paket Aman mengusung tagline ‘Manggarai Unggul, Manggarai Semarak’

Bakal Calon Wakil Bupati Manggarai Dr. Mantovanny Tapung, S.Fil.,M.Pd menjelaskan hal itu saat memberikan sambutan pada acara pendaftaran paket Aman di Sekretariat PKB Jl. Arabika Selatan Kelurahan Tenda, Ruteng pada Kamis, 28 November 2019.

“Kami sudah sepakat tagline kami membangun daerah ini yaitu ‘Manggarai Unggul, Manggarai Semarak’,” ujarnya.

Putra kelahiran Waso Ruteng, 27 Oktober 1974 itu menjelaskan bahwa tagline ‘Manggarai Unggul, Manggarai Semarak’ sengaja dicetuskan agar bisa sejalan dengan visi misi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Kami ambil tegak lurus dari apa yang dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi untuk membangun keunggulan-keunggulan masyarakat Indonesia pada masa akan datang,” papar dia.

Ia pun menerangkan secara garis besar gagasan ‘Manggarai Semarak’. Akronim ‘Semarak’ merupakan lima hal penting. Pertama: sejahtera, makmur, adil, merata dan kompetitif.

Menurut dia, tagline ini diusung karena sejalan dengan nomenklatur persaingan global yang juga diusung oleh partai PKB (Partai Kebangkitan Bangsa).

“Ternyata kita memiliki chemistry dalam hal ini,” kata pria yang akrab disapa Manto itu.

Ia menambahkan bahwa, paket Aman juga berorientasi melakukan pengentasan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Manggarai. Manto mengakui bahwa, memang sudah banyak yang telah dilakukan oleh para pemimpin terdahulu dan itu sudah baik. Namun, paket Aman ingin melakukan sentuhan-sentuhan mendalam tentunya untuk kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

“Kami akan menyentuh dengan kreasi dan inovasi yang lebih mendalam supaya betul-betul menciptakan kesejahteraan masyarakat Manggarai,” cetus dia.

“Bahwa kami tegaskan akan melakukan sentuhan-sentuhan yang lebih kreatif untuk membangun Manggarai yang lebih maju dan sejahtera,”

Manto menuturkan, kemakmuran akan menjadi target paket Aman jika mereka terpilih pada Pilkada Manggarai 2020 mendatang. Berdasarkan data BPS yang ia peroleh, jika berpijak pada catatan yang sedikit miris terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Manggarai dengan 6,3.3.

“Kami ingin meningkatkannya untuk mengejar agar mendekati IPM Provinsi menimal 6.5 atau mengejar agar bisa mendekati IPM Nasional,” pungkas Manto.

Ia juga berjanji bakal melakukan sejumlah kreasi di bidang pertanian, pendidikan maupun bidang kesehatan. Pihaknya berjanji akan melakukan sentuhan-sentuhan dengan inovasi dan kreasi-kreasi baru sesuai dengan tuntutan-tuntutan global, persaingan global, digitalisasi, maupun revolusi industri 4.0.

“Pemerataan juga menjadi perhatian bagi kita semua. Tetapi kita akan melaksanakan pemerataan dan konsep-konsep keadilan,”

Ia memaparkan bahwa, untuk bertarung pada level kompetisi global, paket Aman akan mengedepankan hal-hal yang sangat milenials, di mana akan melibatkan kaum muda untuk terlibat aktif dalam sentuhan-sentuhan inovasi dan kreasi dalam membangun Manggarai ini.

“Karena ke depan, yang berada dalam persaingan global itu adalah orang-orang muda dan kehadiran kami di sini sangat yakin kami mewakili kaum milenials untuk memimpin Manggarai,” urai dia.

Bakal Calon Bupati Manggarai, Ir. Agustinus Ganggut mengatakan bahwa, pihaknya meyakini peristiwa pendaftaran paslon merupakan bagian dari pada tugas partai yang akan mengusung paket Aman pada waktunya.

“Karena saya tidak akan mendahuluinya bahwa yang kami lakukan hari ini adalah mendeklarasi bersama calon wakil. Akan tetapi kami berhak mendaftar bersama dengan calon wakil bupati Manggarai dengan akronim Paket Aman (Agustinus Ganggut-Mantovany Tapung),” ujarnya.

Paket Aman hadir bersama dengan tokoh adat tentu memiliki maksud dan rencana untuk maju sebagai Bupati Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai. Ia bahkan mengharapkan PKB merupakan partai yang akan mendukung paket Aman untuk maju pada Pilkada Manggarai 2020 mendatang.

“Kenapa kami memilih PKB, karena kami yakin dan percaya bahwa PKB adalah partai nasionalis tentunya sejalan dengan visi misi paket Aman yakni Manggarai Unggul, Manggarai Semarak,”

Sementara itu, Ketua Panitia Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Manggarai Heribertus Nera mengatakan, sejak dibuka pendaftaran bakal calon di PKB pada 23 November lalu pihaknya telah menerima sebanyak 6 bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran. Pada 27 November hingga 30 merupakan tahapan pengembalian formulir sekaligus pendaftaran kandidat.

“Pada hari ini Kamis, 27 November 2019 Paket Aman merupakan kandidat pertama yang menyerahkan formulir pendaftaran sekaligus mendaftarkan secara resmi paket Aman ke PKB,” ujarnya.

Tahapan berikut, lanjut dia, adalah verifikasi dokumen bakal calon oleh Tim Desk Pilkada DPC PKB Manggarai. Tahapan ini juga telah dilakukan. Untuk itu, ia mengaku telah selesai melakukan verifikasi bahwa semua domumen sudah dipenuhi.

“Setelah tahapan ini ada kegiatan DPC yakni Mukercap. Dalam agenda ini nanti akan digelar pemaparan visi misi dari bakal calon,”

Heribertus menambahkan bahwa, tahapan selanjutnya adalah Tim Desk Pilkada akan melaporkan secara berjenjang sesuai tingkatan struktur organisasi PKB. Antara lain, laporan ke tingkat provinsi, dan yang terakhir adalah melaporkan ke DPP PKB.

“Jadi endingnya nanti adalah menunggu keputusan DPP PKB. Harapan kami paket Aman bisa diloloskan atau mendapatkan SK dari DPP PKB sebagai partai pengusung,” tukas dia.

Ketua DPC PKB Manggarai Kosmas Banggut mengatakan bahwa, pihaknya menyambut baik serta menerima dengan senang hati kehadiran paket Aman karena telah mendaftarkan diri ke PKB.

Ia menjelaskan, pada prinsipnya, PKB mengikuti seluruh mekanisme internal partai untuk menerima paket yang melakukan pendaftaran.

“DPC PKB tentunya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pimpinan,” ujar Kosmas.

Kosmas juga menegaskan bahwa, sebanyak 6 orang bakal calon telah mengambil formulir pendaftaran. Paket Aman menjadi pasangan calon (paslon) yang melakukan pendaftaran pertama di PKB.

“Ke enam orang ini siap mendaftar. Profisiat kepada pa Gusti dan pa Manto karena menjadi yang pertama mendaftar,” ucap dia.

Ia menjelaskan bahwa keputusan final untuk mengusung paket Aman adalah kewenangan DPP PKB.

“Saya mohon doa dan restu dari kita semua. Kami sehat untuk bisa melangkah, paket Aman pun sehat untuk menggapai semua keputusan yang akan terjadi,”

Pada dasarnya, keluarga besar PKB sangat mengharapkan pemimpin pada 2020-2025 itu adalah pemimpin yang andal. Pemimpin yang wajib kita terima sesuai dengan kemampuan mereka.

“Dari segi kemampuan saya pikir tidak perlu diragukan lagi seperti yang dipaparkan oleh pa Manto. Beliau anak muda dan cerdas bersama pa Gusti mengusung visi misi Manggarai Unggul, Manggarai Semarak,”

Untuk diketahui, Paket Aman bersama puluhan tim keluarga dan relawan tiba di Sekretariat PKB Jln Arabika Selatan, Kelurahan Tenda sekitar pukul 16.49 Paket Aman bersama rombongan disambut secara adat Manggarai. (TIM).

Previous article6 Jabatan Eselon II Kabupaten Manggarai Direbut 31 Pelamar
Next articlePolres Manggarai Gagas Program ‘Lejong Beo Lonto Cama’

1 COMMENT

  1. SEMOGA PAKET AMAN KALAU DI PERCAYA OLEH MASYARAKAT KAB.MANGGARAI UNTUK JADI BUPATI DAN WAKIL BUPATI AKAN DATANG MEREKA MAMPU MENJADI PEMIMPIN YANG BEKERJA UNTUK RAKYAT MANGGARAI, BUKAN SEBALIKNYA. KAB.MANGGARAI SECARA GEOGRAFIS DAN POPULASI PENDUDUKNYA SANGAT MUNGKIN RAKYATNYA UNTUK HIDUP SEJAHTERAHKAN SECARA EKONOMI DAN JUGA PEMBANGUNAN FISIK LAINNYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here