Aparat Polres Ngada Tanam Pohon Wujudkan Penghijauan Lingkungan

0
263
Kapolres Ngada AKBP Andhika Bayu Adhittama, S.I.K, M.H, bersama Wakapolres Ngada Kompol Saynono Yohanes Vianey dan Ketua Bhayangkari Cabang Ngada Ny. Vivi Andhika saat menanam bibit pohon cendana di lahan Asrama Polres Ngada, pada Sabtu (04/01/2020). (Foto: Dok Kasubag Humas Polres Ngada).

BAJAWA, BERITA FLORES-Aparat Polres Ngada bersama Bhayangkari Cabang Ngada serta Bhayangkari Ranting menggelar kegiatan Penanaman Pohon dalam rangka Polri Peduli Penghijauan Tahun 2020, pada Sabtu, 4 Januari 2020.

Kegiatan Penanaman Pohon bertempat di lahan Polsek Golewa dan Asrama Polsek Golewa ini dipimpin langsung Kapolres Ngada AKBP Andhika Bayu Adhittama, S.I.K, M.H

Ketua Pelaksana Kegiatan, Wakapolres Ngada Kompol Saynono Yohanes Vianey mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan program Polri sebagai wujud kepedulian dengan menanam sejumlah pohon untuk melakukan penghijauan.

“Hari ini kami Anggota Polres Ngada, Anggota Polsek Jajaran, ibu-ibu Bhayangkari serta jajarannya melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon dalam rangka penghijauan di lingkungan Polres, Polsek-Polsek serta lingkungan asrama-asrama,” kata Wakapolres Saynono.

Ia menjelaskan, pada 10 Januari 2020 mendatang pihaknya secara serentak di seluruh indonesia akan melaksanakan kegiatan serupa. Polres Ngada juga kata dia, akan bekerja sama dengan Pemda Ngada serta instansi terkait. Adapun lokasi penghijauan antara lain; lingkungan Polres, Polsek-Polsek, Pospol, Polsubsektor, Asrma, lahan atau tanah Polri yang masih gersang, serta lokasi lainnya.

Ia menambahkan akan berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Jenis pohon yang kami tanam yaitu pohon cendana, pohon mahoni, anakan pohon efergrin, serta pohon-pohon yang berbuah seperti cengkeh, rambutan, nangka, kelengkeng, pala, manggis, durian, kelapa, sukun, jeruk serta benih pohon yang berusia panjang,” jelas dia.

Mantan Kapolsek Borong, Manggarai Timur itu menjelaskan, penanaman pohon ini bertujuan melaksanakan program Polri dalam rangka melakukan peghijauan lingkungan. Sehingga bisa bermanfaat bagi anak cucu kelak, bahkan bisa memproduksi oksigen yang bersih. Selain itu, pohon yang berbuah bisa dimanfaatkan untuk masa depan generasi.

“Kami lakukan kegiatan Penghijauan dengan hati yang Ikhlas untuk kebaikan, bukan untuk mendapat pujian atau penghargaan,” urai dia.

Masyarakat Berikan Apresiasi

Tokoh masyarakat setempat, Toda Elyas (58) mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek dan jajarannya yang telah melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon walaupun di lingkungan Polsek tetapi dapat menjadi motivasi bagi masyarakat akan manfaat dan fungsi dari penghijauan melalui penanaman pohon.

Tokoh masyatakat lainnya, Mikael Rengo (52), Mikael Raja (42), turut mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek bersama anggotanya karena telah memberikan contoh kepada masyarakat Golewa untuk peduli terhadap lingkungan, bahwa pentingnya menanam pohon yang mempunyai manfaat yang sangat banyak bahkan bisa dinikmati oleh anak cucu kelak.

“Bapak Kapolsek Golewa terima kasih, walaupun bapak Kapolsek sudah secara kedinasan dipindahkan ke Nagekeo tetapi masih sempat memberikan contoh agar kami peduli dengan lingkungan dengan menanam pohon, semoga di tempat tugasnya yang baru bapak Kapolsek terus berkarya untuk masyarakat,” kata Mikael Rengo.

Terpisah, Kapolsek Golewa Ipda Stefanus Siga mengatakan bahwa pada Sabtu 4 Januari 2020, mulai pukul 09.00 waktu setempat pihaknya melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon bersama seluruh anggota Polsek serta ibu-ibu Bhayangkari dalam rangka melaksanakan program Polri Peduli Penghijauan Tahun 2020.

“Kegiatan penghijauan berupa penanaman tanaman umur panjang berupa tanaman efegrin dan tanaman lainnya,” kata dia.

Kapolsek Stefanus menjelaskan, kegiatan penghijauan itu merupakan suatu upaya untuk mengembalikan serta meningkatkan efektivitas lahan agar dapat menghasilakan oksigen bersih sehingga dapat berfungsi bagi keberlansungan hidup manusia.

“Manfaat dari penanaman pohon di lahan Mapolsek Golewa adalah sebagai sumber penghasil oksigen karena pohon merupakan makhluk hidup yang sangat penting sebagai sumber penghasil oksigen yang paling besar. Pohon juga merupakan gas yang paling dibutuhkan oleh manusia,” pungkas dia.

“Selain sebagai sumber oksigen, fungsi pohon yang juga utama adalah menyerap air, mencegah terjadinya banjir, mencegah terjadinya tanah longsor, mengatasi kekeringan,” papar dia.

Kegiatan penanaman pohon di lahan Mapolsek Golewa kata dia, mendapat dukungan positif dari masyarakat Golewa bahkan masyarakat antusias melakukan penghijauan lingkungan. (BIN/TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here