Atasi Masalah Pengangguran, Pemkab Matim Hadirkan Perusahaan Pabrik Semen

0
2031
Bupati Manggarai Timur Agas Andreas saat memberikan sambutan pada acara kunjungan kerja di Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda pada Selasa, 21 Januari 2020. (Foto: Efren Polce/Beritaflores).

BORONG, BERITA FLORES- Dalam rangka mengatasi masalah pengangguran, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur bakal menghadirkan perusahan pabrik semen di Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas menjelaskan hal tersebut saat menggelar kunjungan kerja di Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT pada Selasa, 21 Januari 2020.

Ia mengatakan bahwa, kehadiran para investor mendirikan perusahaan pabrik semen saat ini bertujuan mengatasi masalah pengangguran. Bahkan kehadiran perusahaan itu juga dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. Karena itu, Pemprov NTT bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur telah bersinergi dalam menghadirkan investor untuk membangun perusahan pabrik semen.

Bupati Agas menjelaskan, lokasi perusahan pabrik semen itu akan dibangun di dua wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur antara lain; di Kabupaten Manggarai Timur dan Pulau Timor.

“Saya mendapatkan informasi dari Gubernur NTT bahwa untuk menciptakan lapangan kerja, Pemprov NTT akan membuka dua perusahaan pabrik semen di Manggarai Timur dan di Timor,” jelas dia.

Di Kabupaten Manggarai Timur lanjut dia, akan dibangun di kampung Luwuk dan kampung Lengko Lolok. Ia menambahkan, tempat penggalian material pendukung seperti batu putih atau batu kapur berlokasi di Lengko Lolok sebagai kampung terdekat dari lokasi pabrik. Sementara tempat usaha pabrik semen berlokasi di Luwuk, Desa Satar Punda.

Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai Timur itu menuturkan bahwa, perizinan akan dikeluarkan oleh Pemprov NTT apabila kehadiran perusahan tersebut disepakati oleh masyarakat setempat.

“Seperti apa ganti rugi lahan masyarakat?. Jadi ganti ruginya sesuai standar, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Bahkan bisa lebih dari itu, tergantung pada kesepakatan bersama dengan masyarakat setempat,” urai dia.

Untuk memwujudkan pembangunan pabrik semen tersebut, pihaknya meminta dukungan penuh dari masyarakat setempat sehingga rencana pendirian pabrik semen dapat terealisasi. Menurutnya, kehadiran perusahan tersebut akan membawa dampak positif terhadap perekonomian warga.

Ia juga mengaku bahwa, dirinya telah meminta kepada para investor untuk memprioritaskan perekrutan tenaga kerja lokal khususnya warga setempat.

“Ini peluang baik untuk tenga kerja. Karena itu saya sudah sampaikan kepada pengusaha jika suatu saat ada perekrutan tenaga kerja harus diprioritaskan tenaga lokal,” pungkas dia.

Penulis: Efren Polce/Beritaflores

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here