6 Siswa SMP Wakili Lamba Leda Ikut Kompetisi Sains di Borong

0
205

BORONG, BERITA FLORES- Sebanyak enam (6) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mewakili 20 SMP/MTs dari Kecamatan Lamba Leda akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten Manggarai Timur di Borong pada 28 Maret 2020 mendatang.

Ke enam siswa itu, merupakan hasil penjaringan dari 58 siswa melalui KSN tingkat Kecamatan Lamba Leda di SMP St. Paulus Benteng Jawa, pada Selasa, 17 Maret 2020. Enam siswa yang terjaring dalam lomba KSN tingkat kecamatan itu antara lain, Patriana Olivia mewakili SMP St. Paulus Benteng Jawa meraih juara I (satu) IPA, Febriani Maini dari SMPN Satap Golo Utur meraih Juara II IPA, Kristian Dino Sunu dari SMP St. Paulus Benteng Jawa meraih juara I IPS, Eminilda K. Yane dari SMPN II Lamba Leda meraih juara II IPS, Bertolomeus R. Hali dari SMPN 10 Lamba Leda meraih juara I Matematika, Kamelia K. I. Riberu dari SMPN 11 Lamba Leda meraih juara II Matematika.

Merespon hal itu, Sekretaris Camat Lamba Leda, Agus Supratman, dalam sambutan singkat penutupan kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan KSN bukan satu satunya media ukur kemampuan siswa dalam berprestasi. Sebab, setiap kegiatan yang diselenggarakan lembaga pendidikan merupakan sarana terbuka bagi para siswa untuk mengolah potensi dalam diri untuk berkembang hingga berprestasi.

Dengan begitu, kata Agus, semua siswa yang ambil bagian pada kegiatan KSN merupakan utusan terbaik dari masing-masing sekolah dan akan tetap menjadi yang terbaik. Menurut mantan Kasubag Humas Kabupaten Manggarai Timur itu, potensi yang ada dalam diri siswa harus dikembangkan dengan cara yang baik dan benar.

“Kamu semua sudah menjadi duta pendidikan bagi sekolah masing-masing. Dan selanjutnya menjadi duta pendidikan untuk Kecamatan Lamba Leda di tingkat kabupaten nanti. Karena itu, kamu-lah yang terbaik saat ini, serta akan tetap menjadi yang terbaik untuk selamanya bila potensi yang ada dalam diri terus dikembangkan dengan benar serta diracik dengan baik,” kata Agus.

Sementara itu, Koordinator kegiatan KSN tingkat SMP Kecamatan Lamba Leda tahun 2020 juga menjabat sebagai Kepala SMP St. Paulus Benteng Jawa, Rikardus Samin mengatakan, kegiatan KSN merupakan kegiatan yang telah terjadwal tetap setiap tahun.

Ia mengakui, pada tahun sebelumya, siswa siswi perwakilan Kecamatan Lamba Leda sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan KSN itu. Bahkan sejumlah siswa kata dia, telah menyumbangkan prestasi baik hingga tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Prestasi ini tidak terlepas dari peran guru di sekolah masing masing. Semoga para guru makin semangat dalam berinovasi mendidik peserta didik dimasa yang akan datang, agar prestasi anak anak makin melangit,” tukas dia.

Efren Polce/Beritaflores

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here