Ini Harapan Andreas Hugo Pareira terhadap Pentahbisan Uskup Baru Ruteng

0
83
Anggota Komisi X DPR RI Fraksi P-DIP Dapil NTT I, Dr. Andreas Hugo Pareira. (Foto: Dok. Pribadi).

RUTENG, BERITA FLORES- Mgr. Kardinal Ignatius Suharyo sekaligus menjabat sebagai Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) melakukan pentahbiskan Mgr. Siprianus Hormat, Pr sebagai Uskup baru atau gembala Gereja yang baru bagi umat Keuskupan Ruteng pada hari ini Kamis, 19 Maret 2020.

Peristiwa mulia ini tentunya merupakan wujud kesukacitaan bagi ratusan ribu umat Katolik di wilayah Manggarai Raya yang meliputi Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi P-DIP Dapil NTT I, Dr. Andreas Hugo Pareira menjelaskan hal itu melalui siaran pers pada Kamis, 19 Maret 2020.

Ia mengatakan, kehadiran seorang gembala Gereja yang memang sudah lama dinantikan ini terjadi ketika Paus Fransiskus di Vatikan City pada Rabu, 13 November 2019 yang lalu mengumumkan Romo Siprianus Hormat, Pr (53), sebagai Uskup Ruteng menggantikan Mgr. Dr. Hubertus Leteng, Pr yang mengundurkan diri sejak tahun 2017.

“Saya berharap Mgr. Siprianus Hormat Pr akan menjadi gembala gereja yang penuh kasih memimpin dan menyatukan umat di Keuskupan Ruteng yang berjumlah kurang lebih 820.000 jiwa di tiga kabupaten, dimana 96,36 persen di antaranya merupakan penganut Katolik,” ujar dia.

Baca: Kardinal Ignatius Tiba di Ruteng Hadiri Pentahbisan Uskup Hormat

Andreas berharap, sesuai dengan moto pastoral yang diusung oleh Mgr Siprianus Hormat seperti tertulis di Korintus 16:14 yakni “Omnia In Caritate (Lakukanlah Segala Pekerjaanmu Dalam Kasih),”

“Omnia in Caritate, Gembala baru untuk Keuskupan Ruteng. Semoga Mgr. Siprianus juga dapat selalu bekerja dalam kasih sekaligus menabur berkat kasih Allah Bapa bagi seluruh masyarakat Manggarai Raya,” kata dia.

Politisi PDIP itu menuturkan, kehadiran Uskup baru ini juga pada moment yang tepat, mengingat pada tahun 2020 ini, dua Kabupaten di Manggarai Raya, Manggarai dan Manggarai Barat akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Meskipun Pilkada yang biasanya memunculkan situasi yang ‘panas’ dengan berbagai isu politik, namun diyakini menjadi lebih teduh dalam kasih antar kontestasi peserta Pilkada yang akan bertarung dengan kehadiran Uskup baru Ruteng.

“Kita berharap peran Gereja melalui gembala yang baru akan menyejukan sehingga umat dapat dengan tenang menentukan kepala daerah terbaiknya,” cetus dia.

Andreas pun berharap bahwa, dengan ditahbiskannya Mgr. Siprianus Gereja semakin dapat berperan penting bagi kemajuan dan menjadi simbol pemersatu masyarakat. Dalam siaran pers juga dirinya turut mendoakan Mgr. Siprianus agar selalu diberkati dengan kesehatan baik dan kebijaksanaan dalam memimpin Keuskupan Ruteng.

“Semoga dengan pentahbisan ini, masyarakat di Manggarai Raya juga dipenuhi berkat dan damai sukacita dari Yang Maha Kuasa,” tutup dia. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here