Jalin Kerja Sama, Bank NTT Beri Hadiah Mobil Xpander ke Kopkardios Ruteng

0
490
Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Soleman M. Bisilissin menyerahkan kunci mobil Mitsubishi jenis Xpander secara simbolis kepada Kepala KSP Kopkardios Ruteng, Kanisius Theobaldus Decki, S.Fil, M.Th. (Foto: Ronald Tarsan/Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES- Bank NTT Cabang Ruteng menyerahkan satu unit mobil bermerek Mitsubishi jenis Xpander kepada KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Kopkardios Ruteng pada Kamis, 2 April 2020.

Penyerahan mobil itu merupakan wujud dari program cashback atau hadiah dari Bank NTT Cabang Ruteng kepada KSP Kopkardios Ruteng sekaligus sebagai apresiasi kerja sama antarkedua lembaga keuangan itu.

Dari pantauan Beritaflores.com, kegiatan penyerahan satu unit mobil itu ditandai dengan pemberian kunci secara simbolis oleh Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Soleman M. Bisilissin kepada Kepala KSP Kopkardios Ruteng, Kanisius Theobaldus Decki, S.Fil, M.Th, di Aula lantai III Kantor Kopkardios. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyerahan mobil itu di depan halaman kantor Kopkardios disaksikan beberapa pegawai Bank NTT dan pegawai Kopkardios.

Pada kesempatan itu, Ketua KSP Kopkardios Ruteng, Kanisius Theobaldus Decki, S.Fil, M.Th, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Cabang Bank NTT mulai tahun 2017 silam. Bahkan sejak tahun 2015 sebelum dirinya memimpin KSP Kopkardios Ruteng itu.

“Ketika kami dipercaya sebagai pemimpin di lembaga ini, maka salah satu langkah strategis yang kami ambil bersama Badan Pengawas untuk menjumpai Kepala Cabang Bank NTT Ruteng,” kata Kanisius.

Baca: Gubernur Frans Lebu Raya Resmikan Gedung Baru Kopkardios Ruteng

Nick Decki begitu ia akrab disapa menjelaskan, pertemuan saat itu bertujuan agar ingin menjalin kerja sama dengan berbagai elemen termasuk dengan Bank NTT Cabang Ruteng. Sejak tahun 2017 lalu kata dia, ada beberapa rencana per tahun atau per bulan namun tidak didiskusikan bahkan tak di-follow up. Sebenarnya sejak lama KSP Kopkardios sudah menjalin kerja sama dengan Bank NTT Cabang Ruteng melalui penempatan dana yang cukup besar.

“Saat itu, jumlahnya 3 sampai 5 miliar,” terang dia.

Sedangkan saat ini kata dia, penempatan dana milik KSP Kopkardios senilai Rp.1.3 miliar di Bank NTT Cabang Ruteng. Selain mendapatkan bunga juga mendapatkan program cashback berupa satu unit mobil baru bermerek Mitsubishi jenis Xpander.

“Pada hari ini, sebenarnya kita ingin memwujudkan agenda kerja sama itu, dari perencanaan sebelumnya,” pungkas dia.

Berdasarkan kesepakatan, lanjut dia, KSP Kopkardios sebagai lembaga keuangan publik perlu bekerja sama dengan berbagai elemen lintas sektor, khususnya kepada lembaga finansial seperti Bank NTT Cabang Ruteng. Menurut Nick Deki, kerja sama ini merupakan sebuah bentuk mutualisme atau saling menguntungkan antara keduabelah pihak. Di mana, menguntungkan lembaga dan juga menguntungkan anggota KSP Kopkardios itu sendiri.

“Kami memandang bahwa kerja sama ini sangat positif. Ke depan kami bersama Bank NTT akan berdiskusi untuk meng-upgrate bentuk-bentuk kerja sama lain yang lebih besar sehingga keduanya menjadi sama-sama besar,” papar dia.

Pimpinan Bank NTT Cabang Ruteng berpose bersama Pimpinan KSP Kopkardios Ruteng. (Foto: Ronald/Beritaflores).

Ia menuturkan, sebelumnya Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pernah menegaskan bahwa, lembaga keuangan di NTT diminta membangun kerja sama dengan berbagai lintas elemen. Kerja sama tersebut terang dia, dilakukan antara Bank NTT dengan koperasi-koperasi kredit yang menjadi penyedia modal untuk membantu perguliran usaha masyarakat seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Oleh karena itu, sinergitas-sinergitas yang dibangun pada hari ini merupakan bentuk upaya membangun perekonomian masyarakat NTT,” tutur dia.

Pada kesempatan itu juga, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT Cabang Ruteng karena telah memandang Kopkardios sebagai rekan atau mitra yang bisa memwujudkan impian mereka dalam melayani masyarakat di daerah itu agar lebih baik dan lebih maju.

“Terima kasih banyak kepada pa Anto selaku pimpinan Bank NTT Cabang Ruteng. Sampaikan salam kami juga kepada tim Bank NTT, kami dengan penuh optimisme menyambut kerja sama ini dengan baik,” ucap dia.

Baca: Kopkardios Buka Cabang Baru di Borong Demi Efisiensi Pelayanan

Ia juga berterima kasih kepada Badan Pengawas maupun Manajemen KSP Kopkardios Ruteng, karena telah memandang secara positif jalinan kerja sama tersebut. Pihaknya pun terus berkomitmen agar dalam kerja sama ini, capaian-capaian ke depan menjadi lebih maksimal.

Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Soleman M. Bisilissin berpose bersama Kepala KSP Kopkardios Ruteng, Kanisius Theobaldus Decki, S.Fil, M.Th usai acara penyerahan satu unit mobil Xpander di halaman parkir Kopkardios. (Foto: Beritaflores).

Sementara itu, Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Soleman M. Bisilissin turut mengucapkan terima kasih kepada pihak KSP Kopkardios karena telah mengambil bagian dalam program finansial Bank NTT sehingga bisa saling menguntungkan.

“Kami punya program ini namanya cashback. Program cashback itu adalah nasabah kami menempatkan sejumlah dana dengan nominal tertentu dengan jangka waktu tertentu dan kami memberikan hadiah secara lansung di depan,” ujar Soleman saat memberikan sambutan pada kesempatan itu.

Di samping itu, kata dia, penempatan dana dari nasabah Bank NTT seperti dana milik KSP Kopkardios mendapatkan fasilitas bunga bahkan mendapatkan hadiah mobil bermerek Mitsubishi jenis Xpander. Bank NTT juga tetap memberikan bunga secara normal. Maka dengan begitu, keuntungan bagi nasabah Bank NTT diperoleh secara berlipat-lipat. Di mana, nasabah bisa mendapatkan dana di depan dalam bentuk barang, lalu bunga dari dana tersebut juga tetap diberikan usai jangka waktu tertentu.

“Di program ini juga kami memberikan kelonggaran untuk nasabah dalam memilih jenis cashback apa yang dia mau. Semua kami kasih. Hanya cashback dalam bentuk ‘manusia’ saja kami tidak berikan,” ujarnya disamput tepuk tangan.

Karena menurut dia, di wilayah pulau Sumba, Bank NTT pernah memberikan cashback kepada nasabah berupa hewan peliharaan seperti kuda dan kerbau. Meski begitu, dana milik nasabah tetap diberikan bunga secara normal.

“Tetapi uangnya tidak hilang, padahal kalau dia beli lansung kuda dan kerbau, uangnya pasti lansung hilang,” terang dia penuh semangat saat memberikan sambutan.

Anto begitu ia akrab disapa menjelaskan, para nasabah sangat menguntungkan jika mengambil program cashback tersebut di Bank NTT. Karena di neraca, dananya tetap tetapi aset milik nasabah terus bertambah. Sedangkan logika formalnya adalah apabila membeli aset artinya dana harus berkurang, akan tetapi ini tidak karena dana tetap dibunga tetapi aset bertambah.

“Dana kasnya tetap ada tetapi di neracanya tambah lagi jenis aset,” urai dia penuh optimis.

Ia juga menerangkan bahwa, keunggulan dari Bank NTT adalah memiliki program tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada lembaga keuangan Kopkardios,. Bahkan jika Tuhan berkenan lanjut dia, ke depan pihaknya akan menjalin kerja sama dengan hal-hal yang lebih besar.

“Ke depan kalau Bank NTT bisa support agar Kopkardios bisa meluncurkan ATM sendiri, kita akan membuat penjajakan agar kita bisa diskusikan,” papar dia.

Oleh karena itu, pihaknya mengusung tagline ‘melayani dengan sungguh-sungguh’ terhadap nasabah khusunya masyarakat Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Teristimewa untuk para nasabah yang menjalin kerja sama dengan Bank NTT.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih, jika ada kekurangan dari pelayanan Bank NTT selama ini, kami mengucapkan permohonan maaf agar ke depan kami bisa memperbaikinya,” ucap Anto. (Ronald/R11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here