Dua OTG Dikarantina di Wisma Atlet Golo Dukal

0
220
Wisma Atlet Stadion Golo Dukal. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES- Dua Orang Tanpa Gejala (OTG) warga Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai dikarantina di Wisma Atlet Golo Dukal, Kelurahan Leda. Dua OTG itu merupakan cluster Gowa yang merupakan Jamaah Tabligh di Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan).

Keduanya menjalankan karantina di Wisma Atlet Golo Dukal mulai pada Kamis, 30 April 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, Ludovikus Moa menjelaskan kepada awak media melalui sambungan telepon pada Jumat, 1 Mei 2020.

“Jadi kedua OTG tersebut sudah dikarantina di Wisma Atlet. Keduanya memang Cluster Gowa,” ujarnya.

Ludovikus menjelaskan, kedua OTG telah diperiksa serta dilakukan rapid test sementara hasilnya reaktif virus. Meski begitu lanjut dia, kedua OTG belum bisa didiagnosa sebagai orang terpapar virus corona. Untuk itu, tim gugus tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai telah menyiapkan alat untuk mengambil sampel swab.

“Keduanya sudah dua kali dilakukan rapid test (tes darah). Dari hasil rapid tes keduanya reaktif atau positif. Kalau positif rapid test belum tentu mereka terinfeksi Corona. Sekarang tim kami sudah siap untuk mengambil sampel swab mereka, hanya persoalannya sekarang adalah jadwal penerbangan,” kata dia.

Ia menambahkan, rencananya sampel akan dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Hingga saat ini pun Tim Gugus Tugas Kabupaten Manggarai masih berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Provinsi NTT terkait dengan perlengkapan Laboratorium di rumah sakit umum daerah (RSUD) Prof dr. WZ Johanes Kupang.

“Nanti dikirim ke BTKL Surabaya, tetapi akan dikoordinasikan dulu dengan Tim Gugus Tugas Provinsi, karena di rumah sakit Prof. dr. WZ Yohanes Kupang juga mungkin mau rampung persiapan untuk Laboratorium pemeriksaan swab,” pungkas dia. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here