Pemdes Golo Nimbung Gelontorkan DD Tangani Wabah Corona

0
238
Tim relawan Covid-19 sedang melakukan penjagaan di posko (Foto:Berita Flores)

BORONG, BERITA FLORES– Sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah virus corona, Pemerintah Desa  (Pemdes) Golo Nimbung, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengalokasikan anggaran sebasar Rp.131.000.000 bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020 untuk menangani dan mencegah virus mematikan itu.

Kepala Desa Compang Golo Nimbung, Fransiskus Salesman, menjelaskan hal itu kepada Beritaflores.com, pada Jumat, 15 Mei 2020.

Menurut dia, penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah pusat hingga desa.

Oleh karena itu, Pemerintah Desa Golo Nimbung telah menggelontorkan dana sebesar Rp. 131.000.000 untuk penanganan dan pencegahan bahkan memerangi pandemi Covid-19 di desa itu.

Ia merincikan, pengalokasian dana tersebut, akan digunakan untuk pengadaan sejumlah fasilitas, seperti Alat Pelindung Diri (APD), alat pengukur suhu tubu (termogun), masker, cairan disinfektan, serta layanan transportasi untuk diberikan tim relawan Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga telah membangun satu unit posko penjagaan di jalur menuju desa itu. Tepatnya, di ruas jalan Wae Nenda Menuju Bawe.

“Sejumlah relawan dan para medis memiliki beberapa alat perlengkapan yang akan digunakan dalam upaya pencegahan wabah virus Corona,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejumlah tim relawan itu, tengah memperketat penjagaan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga dan pengguna jalan yang menlintasi di jalur menuju desa itu.

“Di sini penjagaannya ketat. Orang yang lewat saja wajib diperiksa kesehatannya dan ditulis asal usulnya dengan menunjukkan KTP,” kata Kades Salesman.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh lapisan masyarakat di desa itu, untuk selalu berwaspada terhadap penyebaran virus corona dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sebab, pandemi Covid-19 saat ini tengah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan di NTT saat ini telah mengalami peningkatan jumlah pasien positif corona.

“Saya minta seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujar kades tiga periode itu. (EP/Berita Flores)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here