Bupati Manggarai Deno Kamelus saat memberikan arahan singkat sebelum melaksanakan disinfeksi rumah warga Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. (Foto: Dok. Ludovikus Moa).

RUTENG, BERITA FLORES- Dalam rangka memerangi pandemi coronavirus diseseas 2019 (COVID-19), sebanyak 150 orang Relawan COVID-19 Kelurahan Satar Tacik melaksanakan disinfeksi di wilayah Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, pada Minggu pagi, 24 Mei 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa melalui keterangan pers mengatakan, setidaknya ada 700 rumah warga di 13 titik yang tersebar di 27 RT, Kelurahan Satar Tacik telah dilakukan disinfeksi dengan menggunakan cairan disinfektan.

Ludovikus menjelaskan, kegiatan itu diawali dengan Apel Siaga di Pelataran Rumah Gendang Kumba dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.,MH selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, didampingi oleh Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, selaku Wakil Ketua Gugus Tugas, Camat Langke Rembong, Ir. Daniel Baru, Tua Golo Kumba, Silvester Baeng; didampingi Tua Teno Kumba, Bernadus Nanduk bersama Tua Golo Wae Buka, Ben Karbin dan Tua Teno Wae Buka, Damianus Parit serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Deno menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol-protokol kesehatan. Bupati Deno juga mengapresiasi Relawan muda di Kelurahan Satar Tacik karena turut mengambil bagian dalam memerangi pandemi COVID19, mengingat tanggung jawab memerangi Transmisi C19 adalah tugas kita bersama.

“Bila ada warga yang menunjukkan gejala klinis seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak napas, dan demam di atas 38 derajat, agar segera dilaporkan ke petugas kesehatan untuk sesegera mungkin ditangani,” kata Deno.

Usai memberikan arahan singkat, Bupati Deno lalu melakukan penyemprotan disinfektan di Rumah Gendang Kumba sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan penyemprotan di wilayah Kelurahan Satar Tacik.

Di samping itu, relawan C19 Kelurahan Satar Tacik juga membagikan masker secara gratis kepada warga sekitar.

Alan, salah seorang anggota relawan sekaligus Humas Kelompok Muda Peduli Penanganan C19 Kelurahan Satar Tacik mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kaum muda dalam rangka berupaya melakukan pencegahan pandemi C19.

“Kami juga melakukan sosialisasi dan edukasi pada warga sekitar agar mematuhi himbauan dan instruksi pemerintah terkait wabah corona ini, membagi masker dan brosur/pamflet C19,” kata Alan. (TIM).

Previous articlePuisi yang Belum Usai
Next articleJPIC Paroki Weleng: Tolak Pabrik Semen karena Mengarah pada ‘Pengusiran’ Warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here