Pemerintah Desa Golo Lalong Salurkan BLT untuk Warga Terdampak COVID-19

1
195
Aparat pemerintah Desa Golo Lalong, Kecamatan Borong saat menyalurkan BLT kepada warga terdampak COVID-19. (Foto: Efren Polce/Beritaflores).

BORONG, BERITA FLORES- Pemerintah Desa Golo Lalong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD) kepada warga terdampak COVID-19 sebanyak 81 Kepala Keluarga ( KK) di desa itu.

Pembagian bantuan tersebut berlangsung di kantor desa Golo Lalong, pada Selasa, 26 Mei 2020.

Kepala Desa Golo Lalong, Kornelius Fis Gratus mengatakan bahwa, pembagian BLT DD tersebut bertujuan untuk meringankan beban ekonomi warga di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Karena itu, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp349.333.200 bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020.

Ia merincikan, total pagu umum DD Golo Lalong tahun anggaran 2020 sebesar Rp1.164.444.000. Dari jumlah itu, pemdes telah mengalokasikan anggaran BLT DD sebanyak 30% dari pagu umum. Sehingga jumlah anggaran BLT untuk disalurkan kepada warga kurang mampu di desa itu sebesar Rp.349.333.200.

“Jadi, total anggaran pada tahap satu dan dua di di dusun itu sebesar Rp. 97.200.000 yaitu bulan April dan Mei,” jelas Kades Kornelis saat ditemui wartawan usai pembagian BLT di kantor Desa Golo Lalong, pada Kamis, 26 Mei 2020.

Ia menambahkan, penyaluran bantuan tersebut telah disalurkan di Dusun Nceang Satu, dengan jumlah sasaran penerima sebanyak 48 KK, sedangkan, di Dusun Nceang Dua jumlah penerima sebanyak 33 KK. Sehingga total penerima bantuan tersebut sebanyak 81 KK.

Setiap KK, kata Kornelius, telah menerima bantuan sebesar Rp.1.200.000. Dana itu disalurkan untuk tahap satu dan dua, terhitung pada bulan April dan Mei. Sementara untuk tahap tiga akan disalurkan pada Juni mendatang.

“Pembagian BLT Penanganan Covid-19 di Desa Golo lalong bersumber dari Dana Desa (DD) disalurkan selama 3 (tiga) bulan, yaitu bulan April, dan Mei. Sedangkan pada tahap tiga akan diberikan pada Juni,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu antara lain,
Bhabinkamtibmas Kelurahan Kotandora dan Rana Loba, Bripka Anselmus Magung;
Kasi PMD Kecamatan Borong, Yohanes Yongsi; Tenaga Ahli Perencanaan Pembangunan Desa(TAPP), Furgensius Sina S.IP; Ketua BPD Desa Golo Lalong, Finsensius Pahal; Pendamping Lokal Desa Golo Lalong, Eginius Manu Kule; Sekertaris Desa Golo Lalong, Sprianus Hayon dan Babinsa 1612-04/ Borong Serda A. Rasyit.

Penulis: Efren Polce

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here