Manggarai Bebas COVID-19 usai Test Swab KFJ Negatif

0
138
Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH.,MH saat memberikan keterangan pers di Sekretariat Daerah Manggarai. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES- Dua (2) OTG (Orang Tanpa Gejala) dan satu (1) orang pasien positif COVID-19 berinisial KFJ, warga Kabupaten Manggarai bebas virus corona usai mendapat hasil pemeriksaan sampel test swab negatif.

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.,MH menjelaskan hal itu kepada Beritaflores.com melalui WhatsApp pada Rabu, 17Juni 2020.

Ia mengatakan, sebelumnya otoritas kesehatan telah mengirimkan sampel swab KFJ ke Kupang pada Sabtu, 13 Juni 2020 lalu.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT pada Selasa, 16 Juni 2020 bahwa, hasil pemeriksaan swab (RT PCR) dari tiga (3) sampel yang dikirim ke Laboratorium Biologi Molekuler Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof.Dr.WZ Yohannes Kupang. Untuk itu, disampaikan bahwa, hasil pemeriksaan laboratorium 3 sampel swab (RT PCR) dari 2 OTG dan 1 pasien covid 19 (KFJ) dengan hasil pemeriksaan laboratorium negatif.

“Pasien Covid 19 berinisial KFJ (29), berjenis kelamin perempuan, saat ini dikarantina di Wisma Atlet Golo Dukal dengan jenis sampel NP/OP, disimpulkan negatif COVID-19,” kata Deno.

Ia menambahkan, OTG 01 berinisial RS (55), berjenis kelamin laki-laki kini dikarantina di rumah, dengan jenis sampel NP/OP, disimpulkan negatif COVID-19. Sedangkan OTG 02, berinisial DR (37), berjenis kelamin laki-laki sedang dikarantina di Wisma Atlet Golo Dukal dengan jenis sampel NP/OP, disimpulkan negatif COVID-19.

Deno menguraikan, hingga saat ini, total sampel swab telah diperiksa adalah 29 sampel swab, dengan rincian 28 sample swab hasil pemeriksaan negatif dan satu sample swab dengan hasil pemeriksaan pertama terkonfirmasi positif COVID-19, setelah dilakukan pemeriksaan sample swab yang kedua hasilnya negatif.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Manggarai terutama di Era New Normal agar bersama pemerintah bekerja sama dan bahu membahu serta tetap Waspada dan disiplin mematuhi setiap protokol-protokol kesehatan, diantaranya selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, membatasi aktivitas yang tidak perlu di luar rumah, hindari keramaian dan kerumunan, jaga jarak aman 1,5 meter, serta selalu berperilaku hidup bersih dan sehat,” urai dia.

Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tetap bekerja keras untuk mencegah dan memastikan masyarakat Kabupaten Manggarai terlindungi serta aman dari pandemi virus yang mematikan itu. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here