Heri Rilis Buku Model Hortikultura, Wabub Victor Beri Apresiasi

0
123
Penulis buku model hortikultura, Heribertus Erik San berpose bersama Wakil Bupati Manggarai Victor Madur. (Foto: Dok. Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES- Heribertus Erik San, S.Fil.,M.AP, penulis sekaligus Ketua Umum dan Pendiri Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD) resmi meluncurkan buku perdananya yang berjudul ”Model Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai: Paradigma Program Simantri dan Strategi Inovasi”.

Buku ini merupakan pengembangan dari tesis penulis pada Program Studi Magister Administrasi Kebijakan Publik di Universitas Nasional (UNAS) Jakarta Tahun 2019.

Sejak tahun 2019 hingga Juni 2020 bersama pengurus Lembaga LPPKPD Manggarai, penulis melakukan riset lanjutan terkait program Sistem Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Periode 2016-2021 atau selama massa kepemimpinan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H.,M.H dan Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur.

Pada kesempatan itu, Heribertus menguraikan, hasil riset ilmiah yang telah dibukukan itu bisa menjadi refrensi dan basis informasi untuk pengembangan sektor pertanian model Hortikultura.

“Buku ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi dan basis informasi dalam pengembangan program Simantri ke depannya” ujarnya.

Penulis lansung menyerahkan buku ini ke Pemerintah Kabupaten Manggarai. Acara penyerahan buku ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur yang didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, para Asisten Bupati, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Manggarai dan staff di Aula Nuca Lale, pada Senin, 27 Juli 2020.

Dalam sambutannya, Heribertus Erik San menjelaskan, posisi penulis dalam buku ini sebagai analisis kebijakan yang melakukan riset program dengan mengkomparasikan teori kebijakan atau program, hasil studi literatur dokumen program Simantri Pemda Manggarai, serta kunjungan ke lokasi kelompok tani Simantri, lalu dibandingkan dengan model program Simantri di daerah lain, seperti Simantri Propinsi Bali yang sudah dikembangkan sejak tahun 2009 hingga sekarang dan beberapa tawaran inovasi program Simantri ke depannya.

Alumnus Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta ini mengungkapkan, buku ini disajikan secara sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami berbagai kalangan masyarakat.

“Semoga apa yang penulis suguhkan dalam karya buku ini bermanfaat bagi semua pihak,” imbuh dia.

Ia menuturkan, kebijakan publik itu membahas soal bagaimana isu-isu dan persoalan publik disusun dan didefenisikan dan bagaimana semua itu diletakkan dalam agenda kebijakan atau program. Analisis kebijakan kata dia, diperlukan untuk mengetahui substansi kebijakan yang mencakup informasi mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan dan dampak yang mungkin timbul sebagai akibat dari kebijakan yang diimplementasikan.

Wabub Beri Apresiasi

Sementara itu, Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur memberikan apresiasi kepada penulis buku tersebut serta pihak LPPKPD yang sudah berani memulai menelaah kebijakan publik di Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

“Sebagai pimpinan daerah mewakili bapak Bupati Manggarai yang tidak sempat hadir dan masyarakat Manggarai umumnya, saya mengapresiasi kepada pendiri lembaga LPPKPD yang sudah siap bekerjasama dalam menelaah setiap kebijakan di daerah ini,” cetus Viktor. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here