AMM Gandeng Polsek Borong Bagikan APD untuk Warga

0
395
Pembagian APD dan beras secara gratis kepada masyarakat di Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT. (Foto: Dok. AMM).

BORONG, BERITA FLORES – Aliansi Mahasiswa Manggarai (AMM) menggandeng Polsek Borong membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker secara gratis kepada masyarakat di Desa Golo Ros pada Selasa, 18 Agustus 2020. AMM juga turut membagikan masker secara gratis di Desa Lalang, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT pada Rabu, 19 Agustus 2020.

Kegiatan ini dilakukan secara bersamaan dengan pembagian beras dari Porli melalui Polsek Borong kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Bantuan sosial tersebut dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, sekaligus pembagian masker dari AMM kepada masyarakat yang menerima beras dari Polsek Borong. Di mana, jumlah KK penerima bantuan sosial itu antara lain, Desa Golo Ros sebanyak 100 KK dan Desa Lalang sebanyak 100 KK masing-masing mendapatkan 5 kilogram beras.

Gerakan sosial tersebut dimotori oleh Aliansi Mahasiswa Manggarai (AMM) sebagai gabungan mahasiswa yang tersebar di beberapa kota, seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Malang dan Ruteng.

Koordinator Umum AMM, Gregorius Y Setiawan mengatakan, kegiatan pembagian masker yang dilakukan itu merupakan salah satu tujuan dari gerakan AMM. Gerakan sosial ini kata dia, sebagai bentuk rasa kepedulian AMM kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Golo Ros dan Desa Lalang. Masker itu adalah hasil kerja keras yang dilakukan teman -teman AMM di setiap wilayah atau korwil yang tersebar di berbagai daerah.

“Dalam konsepnya itu, kami di setiap korwil itu, mencari sendiri dananya dengan mencari donatur yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada masyarakat. Di mana, ketika semuanya sudah dikumpulkan, maka nanti kami langsung menyalurkanya dalam bentuk bantuan masker,” jelas Wawan.

Wawan menguraikan, alasan memilih masker sebagai bantuan yang wajib diberikan karena masker merupakan Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib dimiliki sebagai sarana pencegahan Covid-19. Selain pembagian masker, AMM juga memberikan himbauan kepada para pengunjung pasar agar selalu memakai masker, jagan jarak dan selalu cuci tangan.

“Mari kita bersama memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah juga jangan sampai kita terlena dengan ditetapkanya New Normal dari pemerintah,” pungkas dia.

Pada kesempatan itu,Wawan mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan kepada teman-teman yamg mengikuti kegiatan pembagian APD berupa masker kepada masyarakat di Desa Golo Ros dan Desa Lalang. Juga kepada Polsek Borong yang sudah bersinergi bersama kami dalam melaksanakan kegiatan pembagian masker dan kepada Kepala Desa Golo Ros dan Desa Lalang atas penyambutanya,” ujarnya.

“Semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat,” sambungnya.

Kapolsek Borong, AKP Made Mudana mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Ros dan Desa Lalang yang sudah hadir dalam rangka menerima bantuan dari Polri.

“Jangan dilihat dari isinya tetapi ini merupakan ketulusan Polri dalam hal ini Polsek Borong untuk membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Borong memberikan imbauan kepada warga masyarakat yang sempat hadir agar dalam masa “Adaptasi Kebiasaan Baru” wajib mengikuti imbauan pemerintah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Juga harus mengikuti protokol kesehatan.

Ia menjelaskan pembagian sembako berupa beras yang dibagikan Polri kususnya Polsek Borong merupakan bentuk kepedulian Polri kepada warga masyarakat untuk meringankan beban dan di tegah melawan Covid -19. Ia pun menghimbau kepada kepala Desa Golo Ros, Desa Lalang dan warga masyarakat untuk selalu menjaga Kamtibmas di tempat tinggalnya dan apabila ada hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas agar segera mungkin diinformasikan ke pihak kepolisian.

Kepala Desa Lalang, Petrus Dahas mengucapakan selamat datang kepada Kapolsek Borong beserta jajarannya bersama Aliansi Mahasiswa Manggarai yang sempat meluangkan waktu untuk memberikan sumbangan beras dan masker ke warga masyarakat Desa Lalang dalam menghadapi fase adaptasi kebiasaan baru untuk membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Polri khususnya Polsek Borong karena telah memperhatikan warga masyarakat Desa Lalang di tengah pandemi Covid-19 dan juga kepada AMM yang sudah membantu warga terdampak Covid-19 di desa kami,” ujarnya.

Selama kegiatan tersebut, Kepolisian Polsek Borong melakukan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Borong AKP Made Mudana bersama sebagian jajarannya. Untuk diketahui, sebelumnya AMM juga sudah pernah memberikan bantuan 400 pcs masker kepada masyarakat Borong melalui Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Manggarai Timur. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here