Jalan Ruteng-Golo Cala Mulai Dikerjakan dengan Anggaran Rp6.999.996.000

0
234
Sejumlah alat berat telah dikerahkan ke lokasi proyek jalan Ruteng menuju Golo Cala, Kecamatan Satar Mese. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES – Pemerintah Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengalokasikan anggaran perbaikan jalan menghubungkan Ruteng, Kecamatan Langke Rembong menuju Golo Cala, Kecamatan Satar Mese dengan total pagu anggaran senilai Rp6.999.996.000. Total anggaran ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi tahun 2020.

Adapun rincian pagu anggaran bersumber dari DAU senilai Rp3.000.000.000 dengan nilai kontrak sebesar Rp2.951.683.000.000 sedangkan pagu anggaran bersumber dari DAK sebesar Rp3.999.996.000 dengan nilai kontrak Rp3.946.363.000. Kedua paket ini dikerjakan oleh PT Wijaya Graha Prima (WGP).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Anggaran DAU PUPR Kabupaten Manggarai, Yohanes Don Bosco mengatakan, nomenklatur angaran DAU adalah penanganan dan peningkatan jalan Ruteng-Golo Cala. Proyek ini ditagetkan rampung sesuai dengan kontrak yakni 120 kalender kerja, akan tetapi bisa mengalami perubahan tergantung situasi di lapangan, seperti adanya adendum (kontrak atau surat perjanjian yang berarti tambahan klausula atau pasal yang secara fisik terpisah dari perjanjian pokoknya namun secara hukum melekat pada perjanjian pokok itu).

“Begitu ada adendum jelas mempengaruhi target,” ujarnya kepada wartawan melalui WahatsApp belum lama ini.

Jhon Bosco begitu ia akrab disapa menjelaskan, anggaran DAU akan memperbaiki ruas jalan mulai dari Kampung Nampong menuju Pertigaan Golo Cala, Kecamatan Satar Mese. Pengerjaan dengan sistem periodik dengan panjang ruas jalan 6 kilometer sementara efektif penanganannya sekitar 2 kilometer.

“Sistem pengerjaan tergantung tingkat kerusakan. Kalau memang masih baik artinya tidak ditangani. Kita prioritas pada titik-titik yang mengalami kerusakan parah,” kata Jhon Bosco.

Ia menambahkan, jenis pengerjaan adalah HRS base (Hot Rolled Sheet). HRS merupakan campuran aspal menggunakan gradasi senjang dengan kandungan agregat kasar, agregat halus dan memiliki kandungan aspal yang tinggi sehingga dibutuhkan mutu campuran beraspal yang baik untuk menghasilkan jalan dengan kelenturan dan keawetan yang baik.

“Pembersihan lokasi badan jalan sedang dalam penanganan dan penyiapan agregatnya,” jelas dia.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Anggaran DAK PUPR Kabupaten Manggarai, Stefanus Konjong mengatakan, nomenklatur paket bersumber dari DAK ini adalah rehabilitasi atau pemeliharaan periodik jalan Ruteng, Kecamatan Langke Rembong menuju Golo Cala, Kecamatan Satar Mese.

Stefanus menjelaskan, segmen yang akan dikerjakan dengan DAK dimulai dari Ruteng, Katedral lama Kecamatan Langke Rembong menuju Kampung Nampong. Panjang ruas jalan ini kata dia, sekitar 14 kilometer sementara target efektif penanganan diperkirakan sepanjang 2,3 kilometer.

“Pengerjaan diprioritaskan pada titik-titik yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Ia menbahkan, proyek perbaikan jalan Ruteng menuju Golo Cala, Kecamatan Satar Mese itu masih dalam proses pembersihan badan jalan dan pendropingan material seperti agregat.

“Sementara menutup-nutup lubang dan produksi material masih berjalan. Karena masa kontraknya baru jalan sekitar sebulan. Yang jelas harus selesai sebelum akhir tahun,” kata dia.

Ia mengaku, pihaknya akan bekerja secara maksimal sesuai anggaran yang telah disediakan. Saat ini rekanan sedang mengerjakan penutupan lubang bertujuan untuk mempersiapkan pendropingan sejumlah material proyek tersebut. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here