“Kopi dari Hati” Hadir di Kota Ruteng dengan Cita Rasa yang Khas dan Harga Terjangkau

0
473
Owner "Kopi dari Hati", Elvis Angliwarman yang mengenakan kemeja putih berpose dengan Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manggarai, Adrianus Husen; Romo Beben; Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo dan Dandim 1612 Manggarai, Letnan Kolonel (Letkol) Kavaleri Ivan Alfa, S.Sos. (Foto: Ronald Tarsan/Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES – Sebuah kedai kopi baru, hadir di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kedai yang diberi nama “Kopi dari Hati” Nucalale Ruteng itu resmi di-launching, pada Selasa pagi, 24 November 2020.

Kopi dari Hati ini menawarkan cita rasa yang khas dengan varian pilihan dan harga yang sangat terjangkau. Kedai yang terletak di Jalan Baruk Nomor 6, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong, persis di samping SMU Widya Bhakti Ruteng itu, berkomitmen tetap menjaga kearifan lokal dengan menggunakan kopi Arabika dan Robusta sebagai kopi asli Manggarai, Flores.

Owner Kopi dari Hati, Elvis Angliwarman mengatakan, “Kopi Dari Hati” merupakan brand lokal yang menyasar pada kaum milenial dengan memakai konsep fresh to cup dan menyajikan pilihan kopi lokal yang terbaik.

Brand Kopi dari Hati sengaja saya pilih, sebagai rasa kecintaan terhadap kopi dan apresiasi terhadap petani Kopi di Manggarai, di mana, kopi menjadi minuman wajib masyarakat Manggarai pada umumnya,” kata Elvis saat memberikan sambutan pada acara Grand Opening Kopi dari Hati Nucalale Ruteng, pada Selasa, 24 November 2020.

“Nama “Kopi dari Hati sengaja saya padukan dengan nama Nucalale yang menandakan tanah Manggarai kita yang subur dan sebagai daerah penghasil kopi yang terbaik,” imbuh dia.

Elvis menguraikan, kopi saat ini bukan hanya sekedar minuman dari kearifan lokal, tetapi sudah menjadi kekinian dan trend lifestyle di dunia. Menurut dia, saat ini dengan banyaknya persaingan, dengan sebuah inovasi, kreativitas, dapat memotivasinya untuk menciptakan rasa kopi yang dibuat dari bahan pilihan tanpa pengawet dan dapat dinikmati segala umur mulai dari anak muda hingga dewasa.

Owner Kopi dari Hati, Elvis Angliwarman berpose bersama keluarga. (Foto: Ronald/Beritaflores).

“Kabupaten Manggarai, merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik, ini sangat pas jika diakomodir dengan brand lokal yang sangat berprestasi,” pungkas Elvis.

Ia menjelaskan, hadirnya “Kopi dari Hati” Nucalale Ruteng, dapat berkolaborasi dengan para petani kopi Manggarai yang juga tidak kalah bersaing baik pada kancah nasional maupun internasional.

“Saya selaku pemilik Kopi dari Hati Ruteng, melihat peluang ekonomi kreatif ini sangat bagus, untuk itu siap mendukung program pemerintah terkait pariwisata dan ekonomi kreatif. Mengingat manggarai merupakan daerah yang memiliki destinasi wisata terbaik,” cetus Elvis.

Menurut pengusaha muda itu, pasca merebaknaya pandemi Covid-19 ini, tidak membuat semangat para pengusaha UMKM kendur untuk berkarya dan berinovatif. Kopi dari Hati Nucalale Ruteng kata dia, telah siap dengan normalnya aktivitas baru dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker).

Ia menambahkan, dengan di-launching-nya Kopi dari Hati Nucalale Ruteng, dapat menjawab kebutuhan para penikmat kopi dari segala segmen dengan memberikan varian pilihan dan harga yang terjangkau serta tetap menjaga kearifan lokal. Kehadiran Kopi dari Hati juga terang dia, bertujuan mengangkat dan memotivasi para milenial Manggarai untuk ikut serta berkompetisi di dunia ekonomi kreatif.

Elvis berharap, semoga ke depan akan ada lagi outlet-outlet Kopi dari Hati sebagai brand lokal yang dapat disejajarkan dengan brand luar daerah lain seperti di Labuan Bajo. Untuk itu, ia mengajak teman-teman kaum milenial untuk bangkit.

“Mari Kita Bangkit !!! Mari Kita Bangkit !!! dan mengambil bagian dalam menyukseskan pembangunan di Kabupaten Manggarai yang kita cintai ini. Kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak. Atas nama orangtua, saya dan seluruh staf Kopi dari Hati Nucalale Ruteng mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah, pihak perbankan; Bank BNI, Bank Mandiri, Bank NTT, Bank BRI dan Bank BCA serta semua pihak-pihak yang turut menyukseskan acara Grand Opening Kopi dari Hati Nucalale Ruteng, sehingga dapat berjalan dengan baik,” ucap dia.

Perwakilan dari outlet “Kopi dari Hati” Jakarta, Sudarmono menuturkan, Kopi dari Hati menawarkan varian menu yang berbeda dari kedai kopi lain yang ada di Manggarai. Ia mengaku sangat antusias dengan kehadiran Kopi dari Hati karena menawarkan ciri khas kekinian.

“Karena banyak varian yang akan kita jual di sini. Tidak semua kedai kopi yang ada di Manggarai ini menjual kopi dengan varian menu yang banyak seperti di Kopi dari Hati,” kata Sudarmono yang disamput applause yang meriah dari para undangan pada acara launching Kopi dari Hati itu.

Selain itu, kata dia, Kopi dari Hati juga menyajikan Hati Toast, sebuah menu khas yang coba ditawarkan oleh sebuah kedai kopi kekinian di Kota dingin itu. Menurut Sudarmono, Hati Toast merupakan, salah satu jenis Roti Korea yang disajikan untuk menemani para penikmat kopi saat bersantai ria di kedai kopi itu.

“Kami juga sangat antusias untuk mendidik dan melatih anak-anak muda Manggarai untuk meningkatkan potensi dan kreativitas menjadi barista hebat. Saya berusaha mendidik mereka untuk membuat racikan-racikan tersembunyi di balik cita rasa kopi tersebut,” imbuh dia.

Pejabat Sementara Bupati Manggarai, Dr. Drs. Zeth Sonny Libing melalui Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai, Adrianus Husen mengatakan, pihaknya sangat mendukung usaha kedai “Kopi dari Hati” yang saat ini turut hadir meramaikan industri kreatif di Kabupaten Manggarai. Bahkan kehadiran Kopi dari Hati kata dia, sangat mendukung destinasi pariwisata Manggarai karena menjadi penopang kemajuan dunia pariwisata itu sendiri. Juga bisa menyerap tenaga kerja di daerah yang dipimpin Dr. Deno Kamelus itu.

“Karena ini menjadi penunjang atau fasilitas pendukung untuk disajikan kepada para wisatawan yang datang mengunjungi destinasi wisata di Manggarai,” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa, kehadiran kedai kopi di Manggarai menjadi sangat penting, karena salah satu branding terpopuler milik Kabupaten Manggarai sebagai penunjang pariwisata di daerah itu. Predikat tersebut diraih setelah Kopi Arabika Flores Manggarai telah mendapat Sertifikasi Indikasi Geografis (SIG) dari Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Kemenkumham RI. Artinya kopi jenis Arabika Manggarai mendapat hak paten sebagai produk lokal asal Flores – Manggarai-NTT.

Salah satu penikmat kopi Manggarai, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1612 Manggarai, Letnan Kolonel (Letkol) Kavaleri Ivan Alfa, S.Sos mengatakan, cita rasa Kopi dari Hati memiliki ciri khas tersendiri dan tidak bisa ditemukan di kedai kopi lain. Karena dengan menggunakan kopi asli Manggarai, Flores sehingga cita rasa itu yang sangat berbeda untuk dinikmati.

“Setelah mencoba segelas, saya ingin menambah segelas lagi karena rasanya yang khas. Untuk itu, saya mengajak kaum milenial untuk mencoba kopi di kedai Kopi dari Hati Nucalale Ruteng,” pungkas dia.

Letkol Ivan menuturkan, kopi ini merupakan salah satu kopi terbaik yang pernah ia nikmati dengan memiliki rasa yang halus dan tidak ada rasa serak di leher dan lansung masuk. Kopi ini juga sangat menjunjung tinggi kearifan lokal dengan menggunakan kopi asli Manggarai, Flores.

“Kopi ini sangat nikmat, dan berbeda dari kopi-kopi yang pernah saya coba. Saya akan ajak anak dan istri saya ke sini karena rasa kopi ini sangat nikmat,” beber dia. (R11/TIM).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here