Perangi Pandemi, Plan Indonesia Sumbang APD ke Faskes di Manggarai

0
39
Field Supervisor YPII, Yohanes B. Joman saat menyerahkan APD kepada tenaga medis di Manggarai. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES – Dalam rangka memerangi pandemi virus corona (Covid-19), Yayasan Plan International Indonesia (YPII) menyumbang Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

APD yang disumbangkan itu berupa masker, handsanitizer, sarung tangan, hazmat, faceshield, dan nurse caps.

Proficial Coordinator Project WfW YPII, Juliani Talan mengatakan, hari ini, pihaknya menyalurkan APD di dua rumah sakit, yaitu RSUD dr. Ben Mboi Ruteng dan Rumah Sakit St. Rafael Cancar pada Rabu, 16 Desember 2020. Sementara APD untuk 23 Puskesmas di wilayah Kabupaten Manggarai, sudah disalurkan sejak awal Oktober 2020.

“Kami tahu bahwa garda terdepan dalam penangangan pandemi COVID-19 adalah tim medis, sehingga kami fokus memberikan sumbangan APD kepada mereka,” ujarnya kepada wartawan di RSUD dr Ben Mboi Ruteng Rabu, 16 Desember 2020.

Ia menjelaskan, selama ini, pihaknya telah melakukan kampanye pencegahan COVID-19 di desa-desa di Manggarai, sekaligus membagikan masker untuk masyarakat.

Field Supervisor YPII, Yohanes B. Joman mengatakan, sumbangan APD diberikan kepada sejumlah fasilitas kesehatan untuk mendukung kegiatan tenaga medis dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Jumlah sumbangan kata dia, disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing pihak Puskesmas.

“Kami memang memberi tidak banyak tetapi walaupun mereka merasa sumbangan ini sangat besar. Mereka sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan Plan Indonesia,” pungkas dia.

Ia berharap bahwa, pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat bisa memberikan bantuan serupa untuk mendukung kelancaran pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Manggarai.

Terpisah, Koordinator Sosialisasi Penangan Covid-19 RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, dr. Kresensia Nensy mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Plan Indonesia yang telah membantu pemerintah dan masyarakat Manggarai dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Harapannya semoga aksi kemanusiaan dari Yayasan Plan Internasional Indonesia terus tetap sama-sama berjuang guna memutus rantai virus Corona dan imbau juga kepada masyarakat agar tetap jaga kesehatan dan tetap jaga protokol Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Administrasi dan Umum RS St Rafael Cancar, Sr Beatrix Sero, SSpS mengucapkan terima kasih kepada pihak Plan Indonesia karena telah membantu dengan memberikan sumbangan APD.

“Sumbangan ini sangat berarti karena saat ini kami sangat membutuhkan. Kami berharap Plan Indonesia bisa terus memperhatikan kami ke depan,” ujar Suster Beatrix.

Ia mengajak seluruh masyarakat Manggarai untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan prinsip 3 M yaitu, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak aman. (R11/TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here