Anggota Dewan dan ASN Pemkab Manggarai belum terima gaji, Wakil Ketua DPRD: Ada Apa Ini?

0
161
Wakil Ketua II DPRD Manggarai, Soe Flavianus saat memberikan keterangan pers di Sekretariat DPRD Kabupaten Manggarai. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES – Seluruh aparatur sipil negara (ASN), tenaga honorer dan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menerima gaji bulan Januari 2021 hingga memasuki akhir bulan ini.

“Seluruh ASN, tenaga honorer dan Anggota DPRD Manggarai belum terima gaji. Hingga hari ini belum ada gaji ASN yang cair, padahal sudah memasuki akhir bulan dan banyak kebutuhan yang harus dibeli,” kata Wakil Ketua II DPRD Manggarai, Soe Flavianus kepada awak media Senin, 25 Januari 2021.

Ia menjelaskan, banyak ASN dan honorer yang mengeluhkan belum cairnya gaji yang biasanya mereka terima pada awal bulan, padahal gaji tersebut adalah hak sebagai ASN, honorer dan anggota DPRD yang telah bekerja.

Politisi NasDem itu menegaskan bahwa, berdasarkan Undang-undang Nomor 5 tahun 2014, PP 32 tahun 2015 dan Permenkeu 134 tahun 2005, gaji adalah hak yang harus dibayar kepada setiap ASN dan pihak terkait dan paling lambat pembayarannya dilakukan tanggal 15 atau pertengahan bulan. Ipi Soe begitu ia akrab disapa menuturkan, meskipun dirinya sempat berkoordinasi dengan semua pihak, namun belum mendapat jawaban yang pasti.

“Ada yang mengatakan sistem keuangan terintegrasi yang mulai diberlakukan, mulai mengalami kesulitan atau eror,” ujarnya.

Akan tetapi kata dia, Menteri Keuangan RI telah bersurat ke seluruh kabupaten/kota dan provinsi agar sistem penggajian bulan Januari 2021 ini dilakukan secara manual, karena itu berkaitan dengan hak para pekerja.

“Kita harus berpikir bagaimana kehidupan istri anak dari pihak-pihak tersebut. Ada regulasi yang menyebut harus paling lambat tanggal 15 gaji itu harus dibayar. Kalau di atas tanggal 15 itu sudah melanggar regulasi, dan ada hal yang luar biasa terjadi di kabupaten ini,” tegasnya.

Ia mengaku, dirinya telah melakukan pengecekan sistem penggajian baik di Kabupaten Manggarai Barat maupun di Kabupaten Manggarai Timur sebagai kabupaten tetangga. Di Manggarai Barat, pemberian gaji kepada ASN, honorer dan Anggota DPRD telah dilakukan meski menggunakan sistem manual pada 11 Januari lalu. Bahkan Kabupaten Manggarai Timur telah memberikan gaji kepada ASN dan DPRD di daerah itu.

“Pertanyaan besar bagi kami anggota DPRD. Ada apa ini?,” tanya dia.

“Sampai dengan tanggal 25 yang tinggal beberapa hari lagi akan habis, maka akan banyak dugaan-dugaan yang muncul. Bisa positif bisa negatif,” pungkas dia.

Hingga berita ini dirilis Kepala Badan Keuangan Kabupaten Manggarai, Willy Ganggut belum berhasil dikonfirmasi. Meski berkali-kali dihubungi namun nomor ponselnya tidak aktif. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here