Pemdes Satar Punda Barat Prioritaskan Bangun Infrastruktur Jalan, Warga Senang

0
51
Kepala Desa Satar Punda Barat Ferdinandus Bonetus Ju (Foto: Ist)

BORONG, BERITA FLORES– Pemerintah Desa Satar Punda Barat, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT terus menggenjot pembangunan desa di berbagai bidang, termasuk infrastruktur jalan.

Hal tersebut dilakukan untuk mendongkrak laju perekonomian masyarakat, kemajuan pendidikan hingga memudahkan pelayanan kesehatan di desa itu.

Kepala Desa Satar Punda Barat, Ferdinandus Bonetus Ju menyampaikan hal itu kepada wartawan pada Rabu 27 Januari 2021.

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil Musrenbangdes rencananya akan melakukan peningkatan ruas jalan atau telfor menuju kampung Hedok, apabila pandemi covid-19 tidak merebak di seluruh Indonesia. Sebab, menurutnya pada tahun 2020 lalu, Pemdes Satar Punda Barat mengalokasikan dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Hasil musrenbangdes, untuk kegiatan tahun anggaran 2021 ini yaitu, peningakatan jalan atau telfor dari Puskesdes Satar Punda Barat menuju kampung Hedok. Yang pembiayaan belum ditetapkan, dikarenakan APBDES belum di tetapkan. Itu pun kalau pandemi Covid-19 sudah berakhir,” kata Kades Ferdi kepada  wartawan pada Rabu 27 Januari 2021.

Ia  menuturkan, prioritas pembangunan jalan untuk tahun 2021 ini merupakan usulan masyarakat melalui Musrenbangdes yang telah disepakati bersama.

Dalam hal pengelolaan Dana Desa, Ferdi  menegaskan bahwa, Pemdes Satar Punda Barat berkomitmen untuk selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dengan selalu menyampaikan progres pengerjaan kepada masyarakat.

“Jika ada masyarakat yang ingin mengetahui soal penggunaan DD silahkan datang berkonsultasi dengan pemerintah desa. Kami selalu terbuka,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar pendemi Covid-19 yang menghantam seluruh dunia khususnya di Indonesia akan berkahir.

Sementara itu Wakil ketua BPD Herman Eman mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Satar Punda Barat telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan.

Sebab, kata dia, sebelum merebaknya pandemi Covid-19, Pemdes Satar Punda Barat itu, telah melakukan pengerjaan/ atau penggusuran jalan dari Poskesdes  Satar Punda Barat menuju kampung Hedok, hingga di perbatasan Desa Liang Deruk, sebagai jalan tani.

“Tentunya, saya tetap mengapresiasi kepada Pemdes Satar Punda Barat. Apa lagi, tahun 2021 ini akan melanjutkan kembali pengerjaan jalan menuju Hedok. Jadi, kita hanya berdoa bahwa, pandemi Covid-19 akan segera berakhir,” kata Herman saat diwawancarai wartawan.

Senada disampaikan Tua Teno Hedok Fidelis Tabis. Kepada wartawan ia mengaku senang hingga memberikan apresiasinya kepada Pemdes Satar Punda Barat yang terus berupaya untuk memaksimalkan pembangunan desanya di berbagai bidang termasuk infrastrutur jalan. Munurutnya, peningkatan kualitas jalan saat ini sangat penting.

“Kami yang orang tua di Kampung Hedok, berterima kasih kepada Pemdes Satar Punda Barat, sudah mengerjakan ruas jalan menuju kampung Hedok,” kata Fidelis.

Penulis: Fensi Valentinus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here