Dinas Kesehatan Provinsi NTT melalui Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ruteng, Abdul Aziz melakukan serah terima vaksin dan penyerahan berita acara kepada Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus SH., MH.

RUTENG, BERITA FLORES – Pemerintah Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerima sebanyak 4.600 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac di Gedung Instalasi Farmasi, Kelurahan Wali, Minggu sore, 31 Jamuari 2021.

Pada kesempatan itu, Dinas Kesehatan Provinsi NTT melalui Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ruteng, Abdul Aziz melakukan serah terima vaksin dan berita acara penyerahan kepada Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus SH., MH.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mengacu pada surat Kemenkes RI bernomor SR.02.06/11/80/2021 tertanggal 8 Januari 2021, tentang instruksi vaksin dan rencana pelaksanaannya.

“Isi surat antara lain sasaran vaksinasi Covid-19 untuk kelompok rentan berusia 18 hingga 59 tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan menyasar kepada 10 orang pimpinan dan tokoh daerah terlebih dahulu dengan tujuan meningkatkan kepercayaan publik terhadap kehalalan vaksin Covid-19.

“Pemberian vaksin terlebih dahulu kepada 10 orang pimpinan dan tokoh daerah,” jelas dia.

Ia menjelaskan, sasaran vaksinasi tahap pertama bulan Januari dan Februari adalah tenaga kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Sementara untuk kelompok lainnya akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

“Dengan sasaran, menurut Kementerian, target SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) 2.160 orang. Kebutuhan dosis untuk SDMK 4.320. Yang kita terima hari ini sebanyak 4.600 dosis,” pungkas dia.

Untuk tenaga vaksinator, totalnya sebanyak 143 orang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang berasal dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Tanggal 3 sampai 5 (Februari), itu ada pelatihan secara virtual sesuai surat dari Kementerian Kesehatan,” imbuh dia.

Bupati Manggarai, Deno Kamelus, dalam sambutannya mengingatkan bahwa, vaksinasi merupakan satu dari sejumlah upaya dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19. Untuk itu, ia mengajak masyarakat Manggarai agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

“Kalau sudah divaksin bukan berarti kita aman seratus persen. Tetap ikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, itu tetap dilakukan,” kata Deno.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengapresiasi kepada semua tenaga medis yang telah bekerja luar biasa dalam mencegah penyebaran Covid-19. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada TNI-Polri, perangkat daerah, ASN, insan pers dan semua pihak yang telah bahu membahu bekerja sekuat tenaga mengatasi pandemi ini.

Terkait evaluasi penanganan Covid-19, Bupati Manggarai akan menggelar rapat evaluasi bersama Satgas, Senin besok, 1 Februari 2021 yang berfokus pada hal-hal teknis penanganan jenazah terkonfirmasi Covid-19. (TIM).

Previous articleKapolsek Reo Imbau Warga Waspada Banjir dan Pohon Tumbang
Next articlePanglima TNI Gandeng Kapolri Bagikan APD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here