Puskesmas Dampek Launching Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Pertama

0
158
Seorang petugas kesehatan saat divaksin di Puskesmas Dampek, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: Efren Polce/Beritaflores).

BORONG, BERITA FLORES– UPTD Puskesmas Dampek me-launching penyuntikan vaksin Covid-19 jenis sinovac. Hal tersebut, ditandai dengan 10 orang tenaga kesehatan (Nakes) dilakukan vaksinasi sinovac di Puskesmas Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT Kamis, 4 Februari 2021.

Pantauan Beritaflores.com, sebelum disuntik, sejumlah penerima vaksin wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas, misalnya mengukur tekanan darah dan interview segala penyakit yang ada pada tubuh penerima atau dilakukan screening.

Selanjutnya ketika dinyatakan layak maka penerima vaksin yang terdiri dari tenaga kesehatan langsung disuntik vaksin anti kekebalan tubuh tersebut. Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala UPTD Puskesmas Dampek, Emiliano Hardjoni.

Kegiatan Vaksinasi itu dihadiri Kapolsek Lamba Lamba Leda Stanislaus Jemadu, Babinsa Lamba Leda Bahrudin, Kepala Desa Satar Padut Fabianus Kabun, tokoh masyarakat, tokoh pendidik, dan tokoh Agama.

Kepala Puskesmas Dampek, Emiliano Hardjoni kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan, program pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI. Menurut dia, vaknisasi merupakan solusi untuk menekan penyebaran virus asal Wuhan itu.

Karena itu, ia meminta seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di kecamatan itu dan masyarakat Lamba Leda untuk siap divaksin. Selain itu, ia juga meminta seluruh masyarakat Lamba Leda untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Wajib mematuhi protokol kesehatan dan seluruh Nakes siap divaksinasi. Karena vaksinasi bertujuan untuk menekan atau membasmi virus corona,” kata Emiliano.

Sementara itu, Ketua Panitia Yudita Minti mengatakan, jumlah vaksin sinovac yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Kesehatan sebanyak 100 vial. Dengan begitu, dari 100 vial petugas hanya menargetkan sebanyak 50 orang tenaga kesehatan yang harus divaksinasi dari jumlah keseluruhan Nakes di Kecamatan Lamba Leda sebanyak 85 orang.

“Jadi vaksin ini tahap pertama. Jumlahnya ada 100 vial. Targetnya harus 50 Nakes. Selebihnya akan divaksin pada tahap kedua. Karena itu, hari ini kita hanya lakukan vaksinasi sebayak 10 orang,” kata Ketua Panitia Yuditha Menti saat diwawancarai Beritaflores.com. (Efren Polce).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here