Gebyar Menara Vokasi Expo dan Job Fair Labuan Bajo Resmi Dibuka

0

LABUAN BAJO, BERITA FLORES – Gebyar Menara Vokasi Expo & Job Fair Labuan Bajo resmi dibuka di Kampus Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Selasa, 7 Desember 2021.

Pemotongan pita dilakukan di area Expo dan Job Fair oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat Martinus Ban, ST; Kordinator Bidang Kemitraan dan Pemasaran Mitras DUDI, Agus Susilo Hadi; Plt Direktur Politeknik eLBajo Commodus, Andy Iwan Iswanto, S.S., M.Pd ; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manggarai Theresia P. Asmon dan Kepala dan Perwakilan dari SMK-SMK Vokasi Manggarai Raya.

Program Gebyar Menara Vokasi 2021 (Sinergi Vokasi untuk Penguatan Ekonomi Daerah) ini digelar oleh Direktorat Kemitraan Dunia Usaha dan Dunia Industri dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Kegiatan Gebyar Menara Vokasi ini dilaksanakan secara serempak di 5 menara vokasi antaraain, Politeknik Elbajo Commodus untuk menara vokasi Labuan Bajo, Politeknik Negeri Medan untuk menara vokasi Medan, Politeknik Negeri Bengkalis untuk menara vokasi Pekanbaru, Politeknik Negeri Banjarmasin untuk menara vokasi Banjarmasin, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk menara vokasi Kolaka.

Adapun puncak Gebyar Menara Vokasi kali ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) serentak bersama pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, media massa, serta sekolah dan perguruan tinggi vokasi.

Penandatangan MoU & MoA secara serempak ini diselenggarakan antara Politeknik eLBajo Commodus dengan mitra Pentahelix dan juga SMK-SMK Vokasi Manggarai Raya dengan mitra Pentahelix lainnya.

Plt Direktur Politeknik eLBajo Commodus, Andy Iwan Iswanto, S.S., M.Pd mengatakan Gebyar Menara Vokasi ini penting dilaksanakan untuk mensosialisasikan kebijakan pendidikan vokasi, serta memfasilitasi kerja sama antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

Andy juga mengapresiasi atas terpilihnya Politeknik eLBajo Commodus sebagai salah satu akselerator daerah dari program Gebyar Menara Vokasi ini.

Andy mengucapkan terima kasih kepada lembaga mitra, baik pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, serta media massa, yang mendukung pelaksanaan program ini di Politeknik eLBajo Commodus.

“Ini juga sebagai tindak lanjut FGD perumusan akselerator daerah dan peta jalan kemitraan pentahelix serta pembentukan komite vokasi daerah, yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Barat, drh. Theresia Primadona Asmon mengatakan, hal ini merupakan Job Fair pertama yang dilaksanakan di daerah itu, dan juga mendapatkan respon positif dari pihak industri, instansi, dan juga UMKM setempat.

Lebih jauh Theresia mengatakan Gebyar Menara Vokasi Expo & Job Fair Labuan Bajo agar mendapatkan respon positif dari masyarakat Manggarai Barat.

Kegiatan ini rencananya digelar selama tiga hari, mulai 7 hingga 9 Desember 2021. Kegiatan ini juga berjalan lancar dan aman serta dihadiri oleh Jayakarta Hotel, Sudamala Resort, Ayana Komodo, PT Pelindo, PT Pos Indonesia, Denny’s Group, BPS Mabar, Bea Cukai, Koperasi Tiba Meka Mandiri, BPS Jamsostek, Perumda Bidadari, Kades Todong Belang, SMK Swakarsa, HPI Mabar, PT Nabila T&T, New Eden Moringa, SMKN 1 Labuan Bajo, Star-Up NoaBike, SMKS Sadar Wisata, SMKN 3 Komodo, SUSTOUR, SMKN 2 Komodo, Desa Sompang Kolang, Bank BRI, KPH serta media massa. (Peter Arifin/RED).

Previous articleBupati Hery Sebut Wae Rebo Harus Bisa Beri Manfaat Bagi Masyarakat Sekitar
Next articlePeran Kaum Milenial dalam Politik Berdesa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here