Musisi Flores Sebut Program BANPERSUS, Bukti Negara Hadir

0
Musisi asal Flores, NTT Ivan Nestorman. (Foto: Ist).

RUTENG, BERITA FLORES – Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur melalui Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaksanakan pemberian dukungan penyediaan infrastruktur ekonomi kreatif bagi pelaku ekonomi kreatif.

Program Bantuan Pemerintah (BANPERSUS) untuk Fasilitasi Revitalisasi Infrastruktur Fisik Ruang Kreatif, dan Sarana Ruang Kreatif.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur memberikan bantuan alat musik kepada Komunitas Musisi Flores melalui program Banpersus (Bantuan Pemerintah Khusus). Bantuan tersebut berupa mixer, mic dan alat musik lainnya bersumber dari APBN tahun 2021.

Bantuan ini dapat disalurkan sebagai wujud aspirasi dari Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDIP, Andreas Hugo Pareira bersinergi dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Vinsensius Jemadu.

Merespon hal tersebut, perwakilan Komunitas Musisi Flores, Ivan Nestorman mengapresiasi Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira karena telah memperjuangkan program Banpersus melalui jalur aspirasi.

Ivan juga mengucapkan terima kasih kepada Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Vinsen Jemadu karena telah menyalurkan Banpersus kepada Komunitas Musisi Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Tentu aspirasi dari wakil rakyat to kemudian disampaikan kepada kementerian terkait. Ada pa Vinsen dan pa Hugo di sana. Cocoklah,” ujarnya kepada wartawan melalui sambungan telepon pada Kamis, 9 Desember 2021.

Ivan menuturkan, dengan adanya Banpersus ini membuktikan negara hadir juga di ruang-ruang kebudayaan dan kesenian. Karena menurut Ivan, hal ini merupakan bagian dari kultivasi budaya juga.

“Bisa perform, orang-orang di Labuan Bajo bisa bikin performance meskipun alat-alat musik belum lengkap tetapi mudah-mudahan bisa dilengkapi dari tahun-ke tahun sehingga bisa utuh. Saya yakin akan ditambahkan pada tahun yang akan datang,” pungkas dia.

Ia mengaku, masih banyak kebutuhan-kebutuhan Komunitas Musisi Flores untuk bisa mendukung kegiatan usaha industri kreatif yang mereka jalani saat ini. “Idealnya untuk sound system itu harus satu paket dengan speaker-nya. Kalau ada mixer mesti ada speaker. Kalau hanya mic dan mixer bagaimana suara bisa keluar. Harus selalu ada input dan output. Itu satu kesatuan mestinya,” jelas pelantun lagu Mogi itu.

Ia menjelaskan selama ini sejumlah komunitas tersebut menjalani kegiatan musik performance. Ada juga program pelatihan penabuhan gendang, alat musik khas daerah. Karena itu pihaknya membutuhkan amplifikasi melalui sound system yang ada di kampung-kampung.

“Kami juga akan menghidupkan sanggar-sanggar seni dan budaya,” pungkas Ivan.

Peraih penghargaan AMI Award 2020 kategori Karya Produksi Terbaik Lagu Daerah itu, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendorong program Banpersus sebagai bentuk kehadiran negara di setiap aktivitas kesenian dan budaya.

Anggota DPR RI Andreas Hugo Pareira. (Foto: Beritaflores.com).

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDIP, Andreas Hugo Pareira mengatakan, bantuan pemerintah ini diberikan dalam bentuk barang dan bersifat stimulan untuk fasilitasi revitalisasi bangunan/ruang/area yang berfungsi sebagai ruang kreatif, dan sarana ruang kreatif. (RED).

Previous articleWabup Manggarai Komit Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi
Next articleProgram Kampus Merdeka :Tiga Mahasiswa Unika Ruteng Luncurkan Usaha Biro Perjalanan Wisata dan Pengembangan Website

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here