Perangi Pandemi, CIS Timur Beri Bantuan Alkes untuk Pemkab Manggarai

0

RUTENG, BERITA FLORES – Hingga saat ini pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia belum juga usai. Tak terkecuali di Kabupaten Manggarai, Flores-Nusa Tenggara Timur (NTT). Meski data pasien terkonfirmasi Covid-19 telah mengalami penurunan, namun tetap waspada karena kembali munculnya beragam varian baru.

Dalam rangka mereson hal itu, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Circle of Imagine (CIS) Timur, memberikan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) penanggulangan Covid-19 untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai, Senin (20/12).

Bantuan Alkes tersebut diterima secara lansung oleh Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, di Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai. LSM CIS Timur merupakan lembaga yang melakukan kerja-kerja kemanusiaan dan penanggulangan bencana sosial.

Tim Covid-19 Response Save the Children CIS Timor William Fangidae menjelaskan bantuan yang diberikan merupakan program Covid-19 respons atau penanggulangan Covid-19. Program ini kata dia, didukung oleh Pemerintah Australia Barat, jadi Save the Children Indonesia itu bersama Komite Orang Indonesia di Australia Barat mengajukan proposal ke Pemerintah Australia Barat.

“Sehingga kami bisa melakukan pengadaan alat-alat kesehatan terkait penanggulangan Covid-19,” ujar Wiliam.

Ia menambahkan program ini menyasar di 3 kabupaten di Provinsi NTT yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Project ini berlangsung selama dua bulan. Adapun jenis aktivitas yang dilakukan di antaranya, distribusi Alkes yang berkaitan dengan Covid-19.

“Barang yang didonasikan berupa oksigen konsentrator, tabung oksigen, APD, dan alat tes rapid antigen. Ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan kegiatan esensial penanganan kesehatan,” pungkas dia.

Di samping itu, ada cash transfer atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 300 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Manggarai, dan mereka bekerja sama dengan kantor pos untuk melakukan penyaluran. Proses verifikasi bekerja sama dengan Save the Children, juga berkoordinasi dengan pemda terkait penerima manfaat.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut mengatakan bantuan ini merupakan kebaikan Tuhan yang teralir melaui teman-teman CIS Timur, kalau dihitung secara nominal, apa yang dibantu khsusus untuk Alkes kurang lebih Rp327 juta.

“Saya berharap agar kerja sama ini akan berkesinambungan,” ucap Wabup Heri.

Politisi Golkar itu menuturkan hingga saat ini belum ada kepastian besaran BLT yang bakal dibagikan, akan tetapi sasarannya sebanyak 300 orang. Hal ini sudah disepakati oleh Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit. Bahkan bantuan ini juga diarahkan untuk keluarga yang meninggal dunia karena ganasnya pandemi Covid-19.

Ia berharap kerja sama ini ke depan terus berkesinambungan, karena membantu orang bagian dari tanggung jawab sosial dalam kehidupan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Manggarai dan rakyat Manggarai, dirinya berharap agar bantuan ini tidak sampai di sini saja. (RED).

Previous articleFestival Musik Tradisi NTT Segera Digelar Secara Virtual
Next articleJulie Laiskodat Salurkan Bantuan Ternak Babi Untuk Empat Poktan di Manggarai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here