Ribuan Pelajar SD Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Labuan Bajo

0

LABUAN BAJO, BERITA FLORES – Ribuan pelajar Sekolah Dasar (SD) yang berusia enam hingga sebelas tahun di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) antusias mengikuti vaksinasi massal Rabu, 29 Desember 2021.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia Daerah Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang dilaksanakan di Gedung Aula Youth Center Paroki Roh Kudus Labuan Bajo mulai tanggal 28 hingga 30 Desember 2021.

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini juga, para siswa terus mendapatkan pendampingan dari para orangtua mereka. Vaksinasi massal ini menyasar para pelajar dari beberapa Sekolah Dasar di kota Labuan Bajo dan wilayah sekitarnya. Para siswa juga begitu antusias dalam mengikuti vaksinasi ini.

Vaksinasi massal ini juga merupakan vaksin tahap satu bagi para pelajar usia 6 hingga 11 tahun dengan dosis vaksin jenis sinovac.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paskalina Kusumawati mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 4.000 penerima vaksin yang digelar dari tanggal 28 hingga 30 Desember 2021.

Lebih jauh Paskalina menjelaskan memasuki hari kedua total penerima vaksin sudah mencapai 1.400 siswa dan hingga tanggal 30 Desember 2021 ditargetkan mencapai 4.000 penerima vaksin bagi siswa.

“Pelaksaan vaksinasi massal ini yang berlangsung dari tanggal 28 – 30 Desember ditargetkan sebanyak 4.000 penerima vaksin, sampai dengan hari kedua sebanyak 1.400 siswa sudah menerima vaksin,” imbuhnya.

Paskalina juga sangat mengapresiasi para orang tua yang sudah mengantar anak-anaknya untuk divaksin. “Berterima kasih dan apresiasi kepada para orang tua dalam mengantar anak-anak untuk mengikuti vaksin di sini dan peran orang tua juga sangat penting sehingga bisa memantau secara langsung kondisi anak-anak setelah divaksin,” ungkap dia.

Sementara itu, Julio siswa kelas 3 SDK Wae Medu dan Karolina siswa kelas 5 SDK St.Yosefa mengaku sangat senang sekali dengan kegiatan vaksinasi massal ini.

“Kami mengajak teman-teman agar jangan takut untuk divaksin karena kalau sudah divaksin kita semua akan sehat dan kita juga tidak takut untuk bermain bersama teman-teman,” ungkap mereka.

Di tempat yang sama, orangtua siswa Hironimus Suhardi dan Ermelinda Ganus mengaku senang dengan pelaksanaan vaksinasi bagi siswa sekolah dengan usia enam hingga sebelas tahun.

Hironimus menambahkan dirinya juga sangat menyadari bahwa tantangan Covid-19 sangat menakutkan sehingga untuk melawan itu hanya dengan divaksin sehingga anak-anak bisa melakukan aktivitas mereka dengan bebas.

Sementara itu Ermelinda Ganus berharap agar vaksinasi bagi anak-anak ini sama seperti vaksinasi yang diberikan pada orang dewasa harus ada tahap selanjutnya sehingga kekebalan tubuh anak-anak sama juga seperti orang dewasa.

Untuk selanjutnya pelaksanaan vaksinasi massal ini akan dilakukan secara bertahap sehingga mampu menjangkau semua Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Diharapkan percepatan vaksinasi ini mampu mencapai target seratus persen vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Manggarai Barat. Hingga saat ini telah mencapai angka 70 persen pelajar SD yang sudah divaksin.

Peter Arifinn

Previous articleSigning Blue: Wujudkan Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan Berkelanjutan
Next article65 Siswa SMAN 3 Lamba Leda Ikuti Workshop Jurnalistik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here