Bupati Hery Ikuti Musda IX MUI Wujud Kedekatan dengan Umat Beragama

0

RUTENG, BERITA FLORES – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A. menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai di Masjid Baiturahman Ruteng Senin, 30 Mei 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Hery berharap, siapa pun yang terpilih dalam Musda ini adalah sosok yang bisa menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai.

“Saya berharap sungguh bawha Musda ini teduh, adu argumen sesuatu yang biasa dalam alam pikiran kita. Hendaknya dalam argumen yang sekeras apapun harus selalu mengutamakan persaudaraan,” ujarnya.

Ia pun meyakini dengan melihat wajah peserta Musda hari ini, semuanya mempunyai keluasan hati untuk menempatkan kepentingan umum untuk mengakomodir suara-suara umat. MUI diharapkan menjadi penyambung lidah umat.

Bupati Hery mengungkapkan, kehadirannya pada kegiatan tersebut sebagai wujud kedekatan dengan umat antar beragama di Kabupaten Manggarai.

“Saya berpikir bahwa, karena saya Bupati masih baru, di forum yang besar seperti ini menurut saya, harus hadir. Ini juga untuk menunjukkan kedekatan kita antara ulama dan umara. Ini dilakukan di mana toleransi dinilai sangat penting, seperti program moderasi beragama,” katanya.

Bupati Hery juga meminta agar tidak lupa dengan tokoh-tokoh agama yang sudah berjasa, yang terus menggelorakan semangat toleransi.

Secara khusus Bupati Hery juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada MUI Kabupaten Manggarai yang sudah membangun komunikasi yang baik dengan tokoh agama lainnya sehingga tetap menjunjung tinggi semangat toleransi.

Sebab menurut Bupati Hery, ada periode hubungan antar umat beragama kurang baik di Manggarai, kendati tidak terus menerus terjadi, tetapi ada waktu-waktu yang memang sulit.

“Tetapi kita bisa membuktikan bahwa komunikasi yang baik antar umat beragama melalui tokoh-tokoh agama bisa menghilangkan sekat-sekat yang tidak perlu,” ujarnya.

“Biasanya situasi sulit seperti itu terjadi menjelang Pemilu. Tetapi saya bersyukur semua bisa diatasi, saya meyakini itu juga bagian dari peran MUI,” tambahnya.

Bupati Hery juga memaparkan arah program pemerintah Kabupaten Manggarai sesuai dengan Visi Manggarai maju, adil dan berdaya saing. Dirinya berharap adanya kolaborasi dengan MUI dalam menyukseskan program pemerintah.

Sebab sekarang, pemerintah bukan lagi era memaksakan kehendak masyarakat, melainkan penting adanya komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama.

“Betul namanya pemerintah berarti tukang pemerintah, tetapi di era sekarang pemerintah yang baik adalah pemerintahan yang terbangun dari pola komunikasi yang baik, pola komunikasi dua arah atau multi arah, bukan satu arah,” tuturnya.

Isu yang paling penting pasca pandemi kata Bupati Hery adalah pembangunan ekonomi masyarakat. Karena itu dirinya mengajak, dengan cara masing-masing memperkuat diri, memperkuat kelompok juga tidak jadi masalah selama bermanfaat bagi masyarakat Manggarai secara umum.

“Yang paling penting adalah, memberi manfaat. Ketika ada buka usaha warung harus mempekerjakan masyarakat lokal. Investasi yang datang dari luar harus mendapat manfaat untuk masyarakat lokal,” katanya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Musda tersebut tetap mengikuti Protokol Kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Turut mendampingi Bupati Hery, Sekda Manggarai, Drs. Jahang Fansy Aldus; berserta sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah. (RED).

Previous articleBangka Jari FC Libas Golo Popa FC dengan Skor 9-0
Next articleKartel Minyak Goreng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here