Warta FC Hendak Hidupkan Minat Sepak Bola Manggarai Raya

0

RUTENG, BERITA FLORES – Sejumlah wartawan di Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membentuk tim sepak bola dengan nama Warta FC. Pembentukan tim tersebut tersebut sebagai bentuk dukungan untuk membangkitkan minat dan bakat anak muda serta menghidupkan olahraga sepak bola di Manggarai Raya.

Baca Juga: Warta FC Gilas Garena FC 3-1 di Turnamen Kole Satar Mese Utara

Salah satu pemain Warta FC, Ronald Tarsan menjelaskan, inisiatif pembentukan tim sepak bola para juru pena di Manggarai, bermula ketika ada undangan untuk ambil bagian dalam turnamen di Stasi Kole, Desa Kole, Kecamatan Satarmese Utara. Turnamen tersebut diselenggarakan dalam rangka pengadaan untuk kelanjutan pembangunan gereja. Respons atas undangan tersebut, para wartawan kemudian membentuk tim dengan nama Warta FC.

“Selain karena memiliki hobi main bola, Warta FC sebenarnya ingin menghidupkan kembali minat dan bakat anak muda Manggarai Raya terhadap dunia sepak bola,” kata penyerang Warta FC bernomor punggung 11 itu.

Baca Juga: Warta FC Lolos 16 Besar Turnamen Kole Usai Imbang 1-1 Kontra Wesa FC

Menurut Ronald, minat sepak bola anak muda Manggarai Raya akhir-akhir ini semakin berkurang. Hal itu, sejalan dengan kondisi dan prestasi klub kabupaten di tanah Nuca Lale kian meredup. Untuk itu, kontribusi pasukan kuli tinta (sebutan untuk wartawan), tidak terbatas pada keikutsertaan dalam turnamen.

“Melalui pemberitaan setiap laga yang digelar, Warta FC ingin mengajak anak muda untuk terus berlatih dan menekuni olahraga yang satu ini,” kata Jurnalis ABV TV itu.

Baca Juga: Pelatih Warta FC Bakal Kerahkan Kekuatan Penuh Menjamu Moricias FC

Menurut Ronald, teman-teman wartawan perlu membuat sebuah kompetisi sepak bola tingkat lokal untuk mencari bibit pemain muda, sehingga bisa direkrut oleh tim kabupaten. Semakin bagus dan berkualitas sebuah kompetisi, maka semakin bagus pula pemain yang dihasilkan.

“Perlu ada kompetisi yang berkualitas, sehingga sepak bola Manggarai semakin maju dan bisa berprestasi tingkat lokal maupun tingkat nasional,” terang dia.

Baca Juga: Laga Warta FC Kontra Moricias FC Dihentikan Karena Supporter Ricuh

Terpisah, salah satu Official Warta FC, Fransiskus Pahing mengatakan, selain bertujuan mendukung sepak bola, penyelenggaraan turnamen dapat menghidupkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat. Apalagi selama dua tahun belakangan, ekonomi masyarakat lesu dihantam badai pandemi Coronavirus diseases (Covid-19).

“Itulah alasan lain, kita ambil bagian. Hadirnya event olahraga ini bisa berdampak terhadap pedagang kecil di sekitar lokasi event. Misalnya, kios dipinggir lapangan bisa meraup keuntungan lebih karena bertambahnya pembeli saat event berlangsung,” kata wartawan Bali Poskota itu.

Untuk diketahui, setelah sebelumnya, Warta FC mengikuti di Stasi Kole, Satar Mese Utara, kini tim tersebut ikut memeriahkan Rahong Cup II. Rencananya  Warta FC, akan terus ambil bagian dalam turnamen diberbagai Kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Adapun wartawan yang tergabung dalam pembentukan Warta FC antara lain; Riky Huwa (Floreseditorial.com), Arlan Nala (RakyatNTT.Com), Yono Hande (KoranNTT.Com), Ade Putra Moses (Ekora NTT), Isno Baco (Alur.id), Risal Barut (AxioNTT), Engkos Pahing (Poskota.co.id), Ronald Tarsan (ABV TV), Alan Grasilan (WaktoeNTT), Wawan Setiawan (PutraIndo News), Charles Abar (Tribunflores.com), Aristo Wakelau (Akuratnews), Yuga Yuliana (Manggarai Post), Dody Pan (Sarana Informasi). (RED).

Previous articleCapai 100% Pilar 2 CTPS, Wabup Manggarai Beri Apresiasi Plan Indonesia
Next articleBupati Manggarai Ajak KSP Sangosay Ikut Tangani Masalah Stunting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here