Para relawan Deno-Madur saat membersihkan lokasi pasar Puni, Ruteng. (Foto: Dok. FOREDER).

RUTENG, BERITA FLORES- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Front Relawan Deno-Madur (FOREDER) Manggarai, NTT menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) membersihkan lokasi pasar Puni Ruteng.

Para relawan pasangan bakal calon Bupati Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai, Deno Kamelus-Victor Madur itu menggelar bersih-bersih di Pasar Puni, Kecamatan Langke Rembong, Manggarai, pada Senin siang, 1 Juni 2020.

Pantauan wartawan, aksi bersih-bersih itu diikuti oleh puluhan anggota FOREDER Manggarai. Mereka memungut sampah plastik di sekitar area pasar tersebut.

Ketua Foreder Manggarai, Andro Nami menjelaskan, Hari Lahir Pancasila adalah
momentum bersejarah di Indonesia. Untuk itu, wajib dirayakan setiap tahun meski dengan cara yang berbeda-beda. Ini sebagai bagian dari kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan Pancasila.

Foreder Manggarai, kata Andro, memilih merayakan Hari Lahir Pancasila dengan kegiatan edukasi kebersihan kepada masyarakat khususnya edukas kepada warga Kota Ruteng.

“Ini adalah aksi kecil yang bisa kami lakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati hari ini tanggal 1 Juni,” pungkas dia.

Dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Foreder Manggarai juga mengajak semua elemen agar berperan aktif dalam mengambil tindakan positif sekecil apapun.

Tindakan positif yang dimaksudkan adalah bermuara pada sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Semua masyarakat mesti mengambil peran positif walaupun dimulai dari hal kecil seperti yang kami lakukan hari ini,” ajak Andro. (TIM).

Previous articleBekas Penambangan Masih Menganga, Paroki Dampek Tolak Tambang Pabrik Semen
Next articlePribumi Terancam Disingkirkan, Mahasiswa Manggarai Tolak Tambang Semen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here