Usai Dikritik, Pemkab Manggarai Janji Segera Bayar Gaji ASN dan Anggota Dewan

0
82
Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus. (Foto: Floreseditorial.com).

RUTENG, BERITA FLORES – Pemerintah Kabupaten Manggarai, Flores-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berjanji segera membayar gaji ASN, tenaga honorer dan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Jahang Fansi Aldus menjelaskan hal itu kepada awak media di Ruteng pada Selasa, 26 Januari 2021. Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang memroses pencairan gaji tersebut yang sempat terhambat.

Menurut Sekda Fansi, meski rencananya sistem penggajian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Namun, aplikasi tersebut belum bisa berjalan optimal karena mengalami persoalan teknis yang kemudian mengganggu prosesnya.

“Kami sudah berupaya maksimal untuk mengatasi hal ini,” kata Sekda Fansi kepada wartawan di Ruteng pada Selasa siang, 26 Januari 2021.

Ia juga menjelaskan, untuk mengatasi persoalan terhambatnya sistem penggajian aplikasi, maka jalan satu-satunya yang harus dipakai adalah dengan kembali memakai sistem manual.

“Dan hari ini kalau tak ada halangan, Badan Keuangan akan mulai berproses SPP gaji secara manual,” terang dia.

Di samping itu, kata dia, alasan lain yang turut menghambat pencairan gaji bagi ASN, tenaga honorer dan anggota dewan di Kabupaten Manggarai lantaran terus merebaknya pandemi Covid-19 di daerah itu. Bahkan pada tiga Minggu terakhir turut menghantam semua pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Badan Keuangan Daerah Manggarai.

Karena itu, pihaknya mengharapkan kepada semua pihak agar tetap bersabar menunggu proses yang sedang berjalan.

“Saya harapkan kesabaran semua pihak karena tiga Minggu terakhir hampir semua perangkat daerah di Kabupaten Manggarai termasuk Badan Keuangan, ada banyak staf yang terkonfirmasi positif rapid antigen yang berdampak pada penutupan sementara kantor untuk menekan penyebaran virus corona,” tambah Sekda Fansi.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh ASN, Anggota DPRD, THL, TKD dan TPPK atas keterlambatan gaji tersebut. “Kita harapkan proses manual ini juga berjalan lancar, sehingga satu dua hari ini sudah bisa dicairkan,” beber dia.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Keuangan Manggarai, Willy Ganggut. Ia mengatakan bahwa, saat ini pihaknya sedang memroses SPP dan SPM gaji perangkat daerah di Kabupaten Manggarai.

“Sekarang lagi proses SPP dan SPM gaji perangkat daerah,” kata Kaban Willy Ganggut kepada wartawan pada Selasa, 26 Januari 2021.

Untuk diketahui, sampai hari ini seluruh ASN, tenaga honorer dan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai belum menerima gaji. Bahkan sudah memasuki akhir bulan Januari tahun 2021.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai, Soe Flavianus sebelumnya mengkritisi sikap Pemkab Manggarai karena tidak mencairkan gaji bagi ASN, tenaga honorer dan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai. (TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here