Bupati Hery Jadi Anggota Kopkardios Hingga Bicara Atasi Kelangkaan Pupuk

0
462
Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit saat memukul gong sebagai tanda pembukaan secara resmi kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP Kopkardios. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES — Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit mengajak KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Kopkardios untuk bekerjasama mengatasi kelangkaan pupuk di daerah itu. Bupati Hery menjelaskan hal itu saat membuka kegiatan RAT (Rapat Anggota Tahunan) KSP Kopkardios pada Sabtu, 20 Maret 2021.

Dari pantauan wartawan, hadir pada kesempatan itu, Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit, Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat, Pr, dan manajemen KSP Kopkardios. Uskup Ruteng dan Bupati Hery disambut secara adat Manggarai di pintu utama Kopkardios yang beralamat di Jln. Pelita, Kelurahan Bangka Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT.

Bupati Hery saat menerima buku anggota KSP Kopkardios. (Foto: Beritaflores).

Kopdit yang telah berusia 22 tahun dan melaksanakan RAT ke 21 itu mengusung tema: “Membangun Ketangguhan Ekonomi Anggota dalam Masa pandemi Covid-19”. Usai membuka kegiatan RAT, Bupati Hery lansung bergabung menjadi anggota KSP Kopkardios dengan nomor anggota 14.712.

Baca: Gubernur Frans Lebu Raya Resmikan Gedung Baru Kopkardios Ruteng

Bupati Hery dalam sambutannya mengajak keterlibatan dunia koperasi untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk bisa mengatasi masalah kelangkaan pupuk di sektor pertanian. Bupati Hery berencana menggelar pertemuan dengan sejumlah lembaga keuangan koperasi pada awal April 2021 mendatang.

“Supaya kita (pemerintah dan dunia koperasi) bisa masuk dalam skema, skema pemulihan (ketersediaan) pupuk; di mana kita harus menempatkan koperasi, di mana kita harus bekerjasama dengan koperasi, di mana kita harus membutuhkan perbankan di situ,” kata Bupati Hery.

Ia menjelaskan, untuk skema kerja sama ke depan, pihak koperasi bisa memberikan pinjaman kepada petani bukan hanya berupa uang melainkan juga pinjaman berupa pupuk. Di samping itu, Bupati Hery juga menegaskan bahwa, pemerintah kedepannya akan terlibat aktif agar menghentikan praktik rentenir berkedok koperasi.

Baca: Jalin Kerja Sama, Bank NTT Beri Hadiah Mobil Xpander ke Kopkardios Ruteng

Sementara itu, pada kesempatan serupa Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat, Pr, mengatakan, kehadiran KSP Kopkardios membawa berkah dan kasih kepada seluruh anggota dan masyarakat. Ia pun mendorong kepada semua pihak untuk meningkatkan ketahanan perekonomian melalui dunia koperasi.

“Dukung usaha produktif keluarga yang bergerak dalam bidang pertanian organik, peternakan, dan industri rumah tangga, serta UMKM lainnya. Dorong mereka untuk ikut koperasi, beri mereka pendidikan dan pelatihan wirausaha,” kata Uskup Sipri.

Ketua KSP Kopkardios, Romo Leonardus Eventius Noveri, Pr, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah anggota per 31 Desember 2020 sudah mencapai angka 13.603 anggota, tersebar di tiga kabupaten.

“Selama tahun buku 2020, pertumbuhan anggota mencapai 9,29 persen atau sebanyak 1.157 orang. Anggotanya tersebar pada 89 titik pelayanan pelayanan yakni 28 titik di Kabupaten Manggarai, 31 titik di Manggarai Timur, dan 30 titik di Manggarai Barat,” ungkap dia.

Dari segi aset, lanjutnya, jumlah per 31 Desember 2020 sebesar Rp71.385.654.615, mengalami kenaikan sebesar 14,45 persen dibanding tahun 2019 atau sama dengan Rp. 9.017.875.417. Dari jumlah tersebut, sebesar 74,3 persen atau setara dengan Rp53.098.922.398 sedang beredar di antara anggota. Jumlah pinjaman yang disalurkan selama tahun buku 2020 sebesar Rp25.446.300.000.

“Untuk tahun buku 2021, sekalipun tertekan karena wabah virus corona, kami merencanakan penambahan anggota baru sejumlah 1.750 orang dan aset sejumlah 14 miliar. Strategi yang diambil adalah menggerakan anggota lama untuk merekrut anggota baru, mengembangkan titik-titik pelayanan ke beberapa paroki, dan membuka tempat pelayanan di wilayah Kota Ruteng”, tutur Romo Leonardus.

Wakil Ketua KSP Kopkardios Kanisius Theobald Deki mengajak seluruh anggota dan masyarakat Manggarai Raya untuk giat dalam berkoperasi serta menjadikan koperasi sebagai salah satu pendukung penguatan ekonomi di tengah merebaknya wabah Covid 19.

“Kami mengajak masyarakat Manggarai pada umumnya untuk bergabung dengan Kopkardios untuk sedapat mengkin bisa menjadi wadah kekuatan ekonomi keluarga,” ajak dia.

Pada kesempatan itu, Nik Deki begitu ia akrab disapa juga mengajak Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit untuk bergabung menjadi anggota di KSP Kopkardios. Ajakan tersebut pun disambut baik oleh Bupati Hery dengan menerima buku anggota pada lembaga keuangan itu. (R11/TIM).

 

Previous articleTahun Ini, Kopkardios Targetkan Penambahan Aset Sebesar Rp14 Miliar
Next articleElvis Angliwarman Resmi Nakhodai ESI Kabupaten Manggarai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here