Ratusan Ibu Hamil dan Menyusui di Manggarai Terima Vaksin Sinovac

0
89
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H didampingi Ketua TP-PKK Meldy Hagur dan Ketua IBI Cabang Manggarai Maria Yasinta Aso, SST saat memantau penerima vaksin. (FOTO: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES – Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H membuka secara resmi kegiatan Launching Vaksinasi terhadap Ibu Hamil dan Menyusui di Aula Asumta Ruteng pada Selasa, 14 September 2021.

Kegiatan Launching Vaksinasi Covid-19 kepada Ibu Hamil dan Menyusui tingkat Kabupaten Manggarai bekerja sama dengan TP-PKK Manggarai, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Manggarai, dan POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) Cabang Manggarai.

“Jadi ada orang yang mungkin merasa cemas atau merasa takut, itu tidak boleh, karena sudah dikaji secara akademik yang lagi hamil terutama tidak bermasalah dalam posisi usia kehamilan 13 minggu itu tidak menjadi masalah”, kata Wabup Heri saat membuka kegiatan tersebut.

Wabup Heri menjelaskan, angka kematian selalu mengguncang kehidupan manusia dan salah satu cara yang strategis adalah melalui vaksinasi. Ia meminta warga agar menerapkan protokol kesehatan, baik di rumah maupun di lingkungan masing-masing supaya terhindar dari bahaya Covid-19.

“Ini memang bentuk intervensi kemanusiaan yang dibangun melalui Pemerintah Kabupaten Manggarai secara khusus fokus untuk melayani para ibu-ibu hamil dan Ibu yang menyusui dan target kita hari ini mencapai angka 1.000 lebih”, pungkas dia.

Wabup Heri menuturkan, tentu harapan ke depan bila stok masih ada segera dihabiskan, selanjutnya akan mengajukan permintaan baru kepada pemerintah pusat supaya ibu hamil dan ibu menyusui bisa terlayani dengan baik terutama dalam hal vaksinasi Covid-19.

“Catatan yang kita peroleh itu bisa mendekati angka 2.300 lebih dan kita harapkan kelompok ini bisa terlayani dengan cepat dan tepat dan bisa diperoleh dalam jangka waktu satu-dua minggu ke depan”, beber Wabup Heri.

Sementara itu, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Manggarai, Maria Yasinta Aso, SST mengatakan, kegiatan ini merupakan launching vaksinasi bagi ibu hamil dan ibu menyusui di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sedangkan sasarannya untuk ibu hamil sebanyak 2.825 orang tersebar di 12 kecamatan dan ibu menyusui sebanyak 3.776 orang juga tersebar di 12 kecamatan”, kata Yasinta kepada wartawan di sela-sela kegiatan launching vaksinasi tersebut.

Yasinta menuturkan, vaksinasi hari ini menyasar sebanyak 425 orang ibu hamil. Untuk usia kehamilan mulai dari 14 hingga 33 minggu, sedangkan vaksinasi untuk ibu menyusui yang berasal dari Kecamatan Langke Rembong dan sekitarnya sebanyak 1.166 orang.

Menurut Yasinta, pada prinsipnya vaksinasi ini bertujuan melindungi ibu hamil dari bahaya Covid-19. Di samping itu, vaksinasi juga bertujuan untuk memproteksi bayi dan janin dari bahaya virus asal Tiongkok itu. Ia menjelaskan, sebelum vaksinasi terhadap ibu hamil dan menyusui, penerima vaksin akan di-screening terlebih dahulu.

“Tim vaksinator di meja 1, tim akan screening siapa yang belum dan boleh itu akan ditetapkan oleh tim,” beber dia.

Proses menyusui terang dia, dilakukan seperti biasa, mereka boleh menyusui setelah divaksin. Jenis vaksin yang diberikan hari ini adalah vaksin sinovac dan tahap kedua dilakukan satu bulan setelah vaksin tahap pertama dilakukan.

“Tetap semangat untuk ibu hamil dan ibu menyusui jangan pernah takut untuk divaksinasi karena vaksin ini akan melindungi mereka, janin, anak, keluarga juga kita semua”, urai Yasinta. (RED).

Previous articleRapat Paripurna DPRD Matim, Wabup Jaghur Ajukan 4 Ranperda 
Next articlePemda Matim Gelar Kegiatan Rembuk Stunting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here